Ekonomi

Siang Ini, Kurs Rupiah Menguat 0,27%

mediasumutku.com | JAKARTA – Berdasarkan data Bloomberg, Kamis (9/1) pukul 12.00 WIB, kurs rupiah menguat 0,27% ke Rp 13.862 per dolar AS. Kurs rupiah menguat seiring kondisi geopolitik yang berangsur kondusif

Indeks dolar AS yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia kini berada di level 97,28 turun tipis dari sebelumnya 97,29.

Ekonom Bank Negara Indonesia (BNI) Ryan Kiryanto menjelaskan, apresiasi rupiah didorong oleh kombinasi antara faktor eksternal dan internal.

Dari segi eksternal, menurutnya faktor pendorong utama adalah meredanya tensi antara Amerika Serikat (AS) dan Iran. Tensi antar kedua negara mereda pasca presiden AS Donald Trump menyampaikan pidato untuk tidak membalas serangan militer Iran.

Donald Trump merasa AS tidak perlu menanggapi Iran secara militer. Meski begitu, AS akan menerapkan sanksi ekonomi atas tindakan Iran.

Kemudian menurut Ryan, isu Brexit yang sudah mereda dengan kemenangan politik Perdana Menteri (PM) Boris Johnson turut memengaruhi pergerakan rupiah. Resolusi dari isu Brexit menjadi angin segar bagi perekonomian global.

Dari dalam negeri, Ryan menjelaskan cadangan devisa Indonesia yang meningkat mampu mendorong rupiah untuk terus menguat.