Ekonomi Perkebunan & Pertanian Sumut

Siantar Tawarkan Diri Menjadi Penyelenggara BHUN 2020

Pematangsiantar, Mediasumutku.com– Pelaksanaan program BUMN Hadir Untuk Negeri (BUHN) tahun 2019 yang dilaksanakan oleh PTPN IV di Kota Pematangsiantar, Minggu (18/8/2019), berjalan dengan sukses.

Acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan seperti senam sehat, jalan sehat BUMN, donor darah, UMKM Expo, sejumlah hiburan, dan aneka hadiah kejutan atau doorprize.

Ribuan warga Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun yang secara geografis memang berdekatan, memadati acara BUHN tersebut.

Atas kesuksesan itu, Walikota Pematangsiantar Hefriansyah Noor kepada para wartawan, Senin (19/8/2019) menyampaikan terimakasih karena dipercaya BUMN sebagai kota penyelenggara BHUN.

“Kalau bukan karena cinta tidak mungkin BUMN hadir di sini, dan Pematangsiantar siap menjadi tuan rumah kembali di tahun mendatang,” ujar Hefriansyah Noor.

Menanggapi hal itu, Ketua Panitia Muhammad Ridho Nasution secara terpisah berterimakasih ke Pemko Pematangsiantar, kepolisian, hingga Kementerian BUMN yang telah mempercayakan Kota Pematangsiantar sebagai penyelenggara BUHN.

Ia menyebutkan, program BUMN Hadir Untuk Negeri dimulai dari Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2015, lalu berlanjut di Provinsi Banten tahun 2016, serta di Provinsi Bengkulu tahun 2017, tahun 2018 di Provinsi Bali, dan tahun 2019 dilaksanakan di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.

Kata Ridho, kegiatan utama yang selalu dilakukan dalam program BHUN seperti peringatan HUT ke-21 Kementerian BUMN, safari Ramadhan, mudik gratis, siswa mengenal Nusantara, peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia, jalan sehat BUMN, pameran produk UMKM, dan donor darah.

Pihaknya juga mengadakan kegiatan yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti elektrifikasi atau pemasangan arus listrik ke rumah-rumah warga, pembangunan fasilitas mandi cuci kakus (MCK), bedah rumah dan pembangunan sarana air bersih.

Sebagai informasi, Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) dihadirkan di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, di tahun 2019.

Kegiatan itu dipercayakan kepada PTPN IV sebagai Person In Charge (PIC) bersama BUMN lain yang berfungsi sebagai Co PIC seperti PT Kawasan Industri Medan (KIM) (Persero) dan Perum Jasa Tirta I.

Acara digelar di lapangan Haji Adam Malik Pematangsiantar, Minggu (18/8/2019) pagi. Hadir dalam acara itu Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PTPN IV Umar Affandi didampingi Direktur Operasional PTPN IV Rediman Silalahi, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PTPN IV Rizal H Damanik, serta Komisaris PTPN IV Pos M Hutabarat.

Juga hadir Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga, Walikota Pematangsiantar Hefriansyah Noor beserta jajaran, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah pimpinan dari perbankan seperti Bank Mandiri, BRI, BRI Agro, BNI dan BNI Syariah, pimpinan atau Kepala Cabang BUMN Asuransi seperti PT Jasindo dan PT Jasa Tania, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan, serta pihak Palang Merah Indonesia Pematangsiantar.

Lalu, hadir juga sejumlah dari PT Inalum, PT KIM, Perum Jasa Tirta I, dan sejumlah direksi dari anak perusahaan PTPN IV seperti PT ASN, PT SPN, PT PMN, dan PT SAN).

Plt Direktur Utama PTPN IV Umar Affandi mengatakan, program BUHN merupakan program Kementerian BUMN yang bersinergi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangka mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera.

Melalui kegiatan BHUN, kata Umar Affandi, diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia, sehingga ke depannya Indonesia mampu berdiri tegak sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia di tengah keanekaragaman sebagai perwujudan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Ia menambahkan, program BHUN semakin menunjukkan bahwa negara hadir di tengah-tengah masyarakat secara langsung melalui kehadiran BUMN melalui berbagai kegiatan ekonomi. (MS1/MS1)