Headline

Sopir Bus Lintas Provinsi Mendadak Dites Urine di Pos Pelayanan Mudik di Asahan

Asahan – Sopir dan kernet bus lintas provinsi mendadak dicegat di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) tepatnya di Pos Pelayanan Mudik Lebaran, simpang Katarina Kisaran, Kabupaten Asahan Sumatera Utara (Sumut), Kamis (28/4/2022).

Pencegatan dilakukan dalam rangka memastikan kondisi kesehatan para sopir dan awak bus oleh aparat gabungan terdiri dari TNI – Polri, Badan Narkotika Nasional dan Dinas Perhubungan. Para sopir ini diminta tas urine. Sementara kondisi kelengkapan keamanan kenderaan diperiksa.

“Sejauh ini sudah ada delapan orang sopir bus dan kernet yang kita periksa urinenya. Hasilnya negatif, tidak ada yang mengkonsumsi narkoba,” kata Kasatlantas Polres Asahan AKP Jodi Indrawan.

Selain melakukan tes urine terhadap sopir bus, petugas dari Dinas Perhubungan juga melakukan monitoring kondisi layak jalan bus mulai dari lampu, klakson hingga rem.

“Termasuk kondisi kelayakan dan keamanan bus kita pastikan juga. Sejauh ini masih aman,” kata Jodi.

Hingga saat ini petugas masih melakukan pemeriksaan terhadap sopir dan bus antar lintas provinsi.

“Jadi nanti jika ada yang terbukti positif, kita langsung bawa ke BNN dan menghubungi perusahaan busnya. Sementara untuk perjalanan penumpangnya tidak akan terhambat bisa pakai sopir pengganti,” kata dia.

Jodi menambahkan disepanjang jalan lintas di wilayah Kabupaten Asahan, Satlantas menyediakan lima titik pos pelayanan mudik yang bisa dipergunakan pengendara untuk beristirahat. (MS10)