Berita Sumut Headline Sumut

Sosialiasi 4 Pilar Kebangsaan, Bupati Sergai: Tanamkan Nilai-nilai Kebangsaan Kepada Masyarakat

SEI RAMPAH – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menghadiri kegiatan sosialisasi 4 Pilar dengan Dewan Perwakilan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDI-Perjuangan) Kabupaten Sergai. Acara ini dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (4/11/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan sosialisasi 4 Pilar ini dan berharap kegiatan tersebut membawa perubahan yang baik untuk Kabupaten Sergai.

“Sosialisasi ini sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar pada umumnya, bagi masyarakat Sergai khususnya, sebagai ujung tombak menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat. 4 Pilar kebangsaan memberikan pelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat,” terang Bupati.

Dia melanjutkan, gotong royong toleransi, kerukunan, dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan 4 Pilar Kebangsaan. Dengan integritas dan komitmen bersama, ia meyakini 4 Pilar kebangsaan tersebut akan semakin kokoh, semakin mewarnai keberlanjutan dan dinamika kebangsaan ke depan. 4 Pilar Kebangsaan ini, sebutnya, harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan agar setiap kita menjadi manusia yang berkontribusi positig bagi masyarakat bangsa dan negara.

“Besar harapan kami peserta sosialisasi menjadi orang-orang pelopor dalam mengembangkan 4 Pilar Kebangsaan di Sergai. Kami ucapkan terima kasih kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) yang sudi kiranya datang ke Sergai, bahkan memberikan ilmu dan pengetahuan 4 Pilar kepada kami,” ucap Darma Wijaya.

Ia berharap, pada akhirnya para peserta mampu menjelaskan dan menanamkan 4 Pilar Kebangsaan ini sejak dini, minimal di lingungan terdekat dalam kehidupan sehari-hari guna menanamkan wawasan kebangsaan dan ras cinta tanah air yang menjadi modal dasar dalam kehidupan bangsa dan negara.

“Semoga seluruh rangkaian acara pelaksanaan sosialisasi ini dapat berjalan sesuai dengan agenda yang sudah direncanakan,” tandasnya.

Sementara itu Anggota MPR RI dari Fraksi PDI-Perjuangan Sofyan Tan yang hadir pada kesempatan ini menyampaikan jika 4 Pilar Kebangsaan ini sangat penting bagi negara dan bangsa, apalagi bagi generasi muda.

“Disintegrasi merupakan salah satu tantangan yang mesti dihadapi dalam kehidupan berbangsa dan negara. Lewat pemahaman dan penerapa 4 Pilar Kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, semoga persatuan dan kesatuan yang selama ini ada, bisa tetap terawat dan terjaga,” ucapnya. (MS8)