Headline Medan Peristiwa

Sungai Babura Meluap, 60 KK Mengungsi

Mediasumutku.com | Medan – Air Sungai Babura meluap dan mengenangi di Kelurahan Beringin, Kecamatan Medan Selayang, Medan. Akibatnya, puluhan rumah yang berada di Lingkungan VI Sungai Babura terendam banjir, air sungai itu mencapai ketinggian 1,5 meter.

Pantauan wartawan, air Sungai Babura meluap dan merendam rumah-rumah warga. Ada yang sudah mengungsi ke masjid setempat dan ada juga di kantor kelurahan. Di antara mereka ada juga yang mengungsi ke rumah warga lain yang lebih tinggi.

Tampak juga di lokasi ada sejumlah petugas BPBD Medan dan personel kepolisian dari Polsek Sunggal. Mereka bersiaga dan mengevakuasi seorang warga yang sakit lumpuh menggunakan perahu karet.

“Di lingkungan kita ini ada 60 KK, ada sekitar 200 orang yang saat ini sedang mengungsi di Masjid Al-Qomar dan rumah-rumah warga, termasuk di kantor kelurahan. Ketinggian air saat ini mencapai 1-1,5 meter,” sebut Kepala Lingkungan VI Kelurahan Beringin, Arfa Lubis, kepada wartawan, Sabtu (15/2/2020).

Arfa menyebutkan banjir ini merupakan kiriman air dari pegunungan, sehingga Sungai Babura tidak sanggup menampung dan akhirnya meluap ke permukiman warga.

“Jadi banjirnya mulai datang sekitar jam 6 pagi gitu. Ada 20 yang masih bertahan di dalam rumah karena punya loteng rumah, dan lainnya sudah mengungsi. Barusan kami evakuasi satu orang warga yang mengalami lumpuh,” sebut Arfa.

Saat ini, pihak kelurahan telah bekerja sama dengan personel BPBD dan Polsek Sunggal untuk turun dalam menanggulangi bencana tersebut.

“Kami akan pantau terus banjir ini, bekerjasama dengan pihak kepolisian dan BPBD. Jika air sungai terus naik dan meluap, kami akan bangun posko. Untuk sementara pun logistik nanti ada bantuan dari pihak kelurahan,” terang Arfa.(dc/ms8)