Medan

Tabungan Sampah ASN Diharapkan Dapat Kurangi Sampah ke TPA

MEDAN-Penanganan kebersihan khususnya sampah ini menjadi fokus utama Walikota Medan Bobby Nasution guna menjadikan Kota Medan lebih bersih. Sejumlah inovasi dan gagasan telah dilakukan OPD dilingkungan Pemko Medan untuk mewujudkan program Prioritas tersebut. Salah satunya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang memprogramkan Aparatur Sipil Negara ( ASN) menabung sampah di bank Sampah.

Program ASN menabung sampah yang sudah berjalan ini dinilai efektif. Sebab selain dapat mengurangi jumlah sampah yang akan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), kesadaran ASN khususnya jajaran DLH Kota Medan menabung sampah yang kian meningkat ini juga membawa dampak yang baik bagi kepedulian masyarakat akan kebersihan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan Zulfansyah mengungkapkan, setiap minggunya jajaran ASN DLH semakin antusias untuk menabung sampah di Bank Sampah. Mereka setiap Jumat pagi membawa sampah non organik yang dikumpulkan di rumah dan ditabung di bank sampah usai melaksanakan senam.

“Sampah yang ditabung ASN saat ini sudah banyak di Bank Sampah. Sebagian telah kita jual dan tercatat di buku nasabah bank sampah. Kita tetap meminta ASN terus menabung di bank sampah agar kegiatan ini menjadi rutinitas dan berdampak positif bagi kebersihan khususnya mengurangi sampah ke TPA,” jelas Zulfansyah.

Guna meningkatkan motivasi ASN menabung di bank Sampah, Zulfansyah berencana kedepannya akan memberikan reward kepada ASN yang paling banyak menabung sampah. Meskipun siapa ASN yang menabung paling banyak maka akan mendapatkan uang yang lebih banyak, namun reward ini akan semakin membuat mereka lebih semangat menabung sampah di bank Sampah.

“Kita berencana akan memberikan ASN yang paling banyak menabung sampah berupa reward guna meningkatkan semangat mereka dalam memilah dan mengumpulkan sampah kemudian di tabung di bank Sampah. Dengan semangat  ini kita optimis program Medan bersih dapat terwujud,” sebut Zulfansyah.

Menurut Zulfansyah, program ASN menabung sampah di bank sampah terutama di instansi OPD dan Kecamatan belum berjalan maksimal. Masih beberapa OPD saja yang telah menjalankan program tersebut. Namun Zulfansyah mengaku pihaknya terus mengajak secara persuasif agar OPD dan Kecamatan untuk dapat mendorong ASN menabung di Bank Sampah.

“Kita terus berupaya agar program ASN menabung sampah di setiap OPD dan Kecamatan berjalan maksimal. Semoga kedepannya seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan dapat ikut berpartisipasi dalam menabung sampah di Bank Sampah. Agar program Pak Bobby Nasution dalam menjadikan Medan bersih dapat terwujud,” jelasnya. (MS7)