Berita Sumut Headline Medan Politik

Terkait Bangunan Liar Berdiri Permanen Di Tanjung Mulia, Ini Tanggapan Anggota DPRD Medan

MEDAN-Ketua Komisi 4 DPRD Kota Medan dari Fraksi Gerindra Haris Kelana Damanik angkat bicara terkait adanya dugaan bangunan liar permanen yang berada di Jalan KL Yos Sudarso, Gg Mesjid Lk 10 Kelurahan Tj Mulia, Kecamatan Medan Deli. Diduga pula tanpa ada plang Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB), Jum’at 24 Juni 2022.

Dikutip dari nomor surat dari Pemerintah Kota Medan, Kecamatan Medan Deli No.640/499 Perihal Himbauan Pemberhentian Pekerjaan Bangunan Tanpa IMB kepada Saudara/Saudari Pemilik Bangunan/Alung JL. KL Yos Sudarso GG.Mesjid Lingkungan 10, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli.

Atas Dasar Perwal No.40 Tahun 2014, Keputusan Wali Kota Medan No.34 Tahun 2022, Instruksi Wali Kota Medan No. 141/079/INS/2001 Tanggal 9 Februari 2021 Tentang Tugas dan Tanggung Jawab Kecamatan dalam Rangka Pemberdayaan Kecamatan.

Surat Perintah Wali Kota Medan No.800/11785 Tanggal 5 Juli 2022 pada point satu (1) agar tidak membangun bangunan tanpa izin membangun dari Pemko Medan.

Informasi di lapangan terlihat bangunan gudang yang kokoh berdiri megah diantara gudang lainnya. Ketua Komisi 4 DPRD Kota Medan Haris Kelana Damanik, melalui pesan singkat WhatsApp menyampaikan akan segera di sidak dan pihak camat Medan Deli sudah dihubungi.

Berdasar pada berita sebelumnya, Kelurahan Tanjung Mulia saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya sudah pernah membuat larangan atas bangunan tersebut dan sudah menyurati.

“Kami sudah pernah membuat larangan atas bangunan itu, namun itu semua wewenang dari Satpol PP dan kami juga sudah Surati ke Kantor wilayah Kecamatan Medan Deli, namun sampai sekarang tak ada jawaban”, Kata Lurah Tanjung Mulia Lina.

Terpisah, ketika dikonfirmasi Camat Medan Deli Fery Suheri, mengatakan akan menanyakan ke pihak Kelurahan.

“Nanti ya saya tanya lurah”, katanya.