Medan

Terminal Tipe A Amplas Medan Direncanakan Beroperasi Akhir 2022

MEDAN-Walikota Medan Bobby Nasution mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Terminal Tipe A Amplas, Sabtu (24/9/2022).

Peninjauan dilakukan untuk melihat  progress dari revitalisasi yang tengah dilakukan di terminal yang memiliki total lahan seluas sekitar 20.162 M2 tersebut. Revitalisasi direncanakan rampung pada November 2022 dan akan dioperasikan Desember mendatang.

Setibanya di terminal tersebut, Bobby Nasution  dan Budi Karya langsung mendengarkan pemaparan dari Kepala  Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah II Sumut Batara. Setelah itu dilanjutkan dengan  peninjauan terminal untuk melihat kondisi dan progress revitalisasi terminal yang telah dilakukan selama ini.

Dalam peninjauan yang juga turut dihadiri Dandim 0201/Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad ini, Bobby Nasution dan Budi Karya juga melihat berbagai fasilitas yang ada di terminal, diantaranya gedung terminal, mess pegawai, ruang  istirahat supir, lahan parkir dan tenant/toko.

Usai melakukan peninjauan, Budi Karya mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan dan Dandim 0201/Medan yang telah membantu Kementerian Perhubungan merealisasikan proyek terminal. Dikatakannya, terminal ini dibangun seperti taraf bandara internasional. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menjadikan Terminal Tipe A Amplas sebagai pusat lintasan antar moda yang efektif dan maksimal.

“Agar semua itu terwujud, tentunya memerlukan dukungan dari Pak Wali Kota dan Pak Dandim 0201/Medan untuk melakukan glow environment bagi mereka yang sekarang melakukan kegiatan di luar. Kita tahu bahwa di luar macet dan penumpang juga dirugikan karena harus berlari-lari. Sedangkan kalau di sini (terminal) bisa dibayangkan, di depan untuk angkutan dalam kota dan yang di belakang untuk luar kota,” kata Budi.

Selanjutnya, Budi Karya berpesan kepada Bobby Nasution agar mengisi tenant dengan produk-produk lokal yang bagus seperti kopi. Terkait itu, Budi Karya pun meminta kepada Kepala BPTD Wilayah II Sumut untuk berkoordinasi dengan Wali Kota dan Dandim 0201/Medan membuat forum terkait pengisian tenant dengan produk lokal tersebut.

“Saya juga minta dalam waktu 2 bulan untuk memindahkan operator angkutan perkotaan yang ada di luar agar dapat pindah ke sini (terminal). Saya minta tolong Pak Wali dan Pak Dandim. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat berjalan dengan lancar,” harapnya

Sementara itu, Bobby Nasution juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah membangun Terminal Amplas ini. Bobby berharap, akhir tahun 2022 ini Terminal Tipe A Amplas sudah selesai pembangunannya, baik bangunan secara fisik maupun operasionalnya. Selain itu, menantu Presiden Joko Widodo ini juga berharap agar terminal ini dapat digunakan dengan maksimal dan efektif oleh masyarakat Kota Medan.

Kemudian, Bobby Nasution mengungkapkan,  masih banyak pekerjaan rumah yang diberikan kepada dirinya dan Dandim 0201/Medan untuk bersama-sama dapat memindahkan seluruh operator angkutan perkotaan dan angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) agar dapat pindah ke Terminal Tipe A Amplas yang telah dibangun oleh Kementerian Perhubungan tersebut.

“Karena fasilitasnya juga sudah sangat lengkap baik untuk ruang operator, tempat pemberhentian, tempat kumpul, bengkel dan juga fasilitas lainnya untuk masyarakat Kota Medan sebagai pengguna angkutan umum. Apalagi, terminal ini nantinya sudah sangat baik karena sudah seperti bandara bertaraf internasional. Selain itu fasilitas-fasilitas pendukung seperti ada tempat UMKM. Mudah-mudahan terminal ini dapat menjadi tempat yang lebih baik,” pungkasnya. (MS7)