Headline Peristiwa

Tiga Kecamatan di Nias Utara Terendam Banjir

mediasumutku.com | NIAS-Tingginya intensitas hujan sejak sebulan terakhir mengakibatkan ratusan rumah di tiga kecamatan, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara terendam banjir. Debit air mencapai lebih 50 sampai 150 cm, Minggu (22/11/2020).

Herman Zebua selaku Kepala BPBD Kabupaten Nias Utara, mengatakan, ada ratusan rumah yang terendam banjir dengan ketinggian air mencapai lebih 1 meter.

“Ada ratusan rumah di Kabupaten Nias Utara terendam banjir,” katanya pada wartawan, Minggu (21/11/2020) sembari menambahkan intensitas hujan beberapa hari terakhir juga dilaporkan tinggi.

Dikatakannya, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Nias Utara telah melakukan evakuasi warga dengan menggunakan perahu karet ketempat evaluasi di dataran tinggi dan memberikan bantuan kepada warga  yang terdampak banjir. Dan, hingga saat ini tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, BPBD sudah melakukan evaluasi warga dari lokasi banjir untuk mendapatkan pertolongan,” ungkapnya.

Herman menambahkan, BPBD Kabupaten Nias Utara juga telah melaporkan terjadinya banjir ke Pusdalops BPBD Provinsi Sumatera Utara agar segera ditindaklanjuti. Sedangkan BPBD Nias Utara terus membantu warga terkena banjir.

Sementara itu,  Kepala Bidang Kedaruratan Logistik dan Peralatan BPBD Provinsi Sumatera Utara, Mega Hadi mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan adanya banjir terjadi dibeberapa Kabupaten di Sumatera Utara, termasuk Kabupaten Nias Utara.

“Ada beberapa Kabupaten di Sumatera Utara yang terjadi banjir, BPBD Provinsi Sumatera Utara belum mendata total rumah yang terendam banjir,” terangnya. (MS10)

Tinggalkan Balasan