Berita Sumut Headline Sumut

Tingkatkan Arus Kunjungan Wisata, Tim Pengabdian USU Produksi Video Promosi Pariwisata Air Terjun Bah Biak

MEDAN-Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan berbagai arah kebijakan dan strategi dalam program promosi pariwisata di masa pandemi dan pasca pandemi Covid-19 di Indonesia, termasuk di Sumatera Utara.

Menurut Ketua Tim Pengabdian pada Masyarakat dari Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara (USU), Ferry R A Bukit, ST,MT, dari deretan kawasan wisata potensial yang ada di Sumatera Utara, Air Terjun Bah Biak di Desa Bah Biak Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun memiliki daya tarik dan potensi yang sangat luar biasa untuk dikembangkan.

“Objek wisata Air Terjun Bah Biak ini lokasinya berada di Kecamatan Sidamanik merupakan salah satu Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara yang memiliki potensi alam yang cukup besar yaitu potensi alam berupa bentang alam seperti kebun teh Bah Butong Sidamanik, pemandian Bah Manik, dan Air Terjun Bah Biak,” papar Ferry RA Bukit.

Air Terjun Bah Biak, lanjut Ferry memiliki keunikan tersendiri. Air Terjun Bah Biak memiliki ketingian kurang lebih 20 meter yang langsung jatuh kebebatuan dan kolam renang yang disediakan pengelola.

“Dari hasil kunjungan kita ke lokasi wisata ini, pengunjung yang datang ke objek wisata ini masih sedikit. Salah satu penyebabnya adalah masih minimnya promosi dan infomasi yang disebarluaskan kepada masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19,” paparnya.

Lebih lanjut Ferry menyampaikan, seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan media promosi, pengelola objek wisata dan masyarakat sudah mulai beralih ke media digital, salah satunya penyebaran informasi kawasan wisata sudah bisa dibuat dalam bentuk video.

“Melalui pengabdian kepada masyarakat yang merupakan salah satu dari perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi dan dalam rangka mendukung Strategi 7 Kementrian Parisiwata dan Ekonomi Kreatif: Pemanfaatan teknologi dalam mendukung pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif, Tim pengabdian masyarakat melakukan inovasi dengan membuat video promosi wisata,” jelasnya.

Pengabdian yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengabdian pada Masyarakat USU, kata Ferry RA Bukit, tim melakukan pembuatan video promosi pariwisata melalui video/digital Marketing Objek Wisata Bah Biak di Desa Bah Biak Kecamatan Sidamanik.

“Melalui video ini kami harapkan dapat memberikan dampak positif bagi destinasi wisata, antara lain adanya peningkatan yang signifikan dalam sektor pariwisata, khususnya Air Terjun Bah Biak di Kecamatan Sidamanik, Simalungun,” tandasnya.