Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Medan

Tingkatkan PAD, Bapenda dan Perangkat Daerah Terkait Diminta Berkolaborasi Kutip Pajak Bersama

×

Tingkatkan PAD, Bapenda dan Perangkat Daerah Terkait Diminta Berkolaborasi Kutip Pajak Bersama

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan, Walikota Medan Bobby Nasution meminta kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Medan untuk berkolaborasi  dengan perangkat daerah terkait.

Kolaborasi dapat diwujudkan dengan turun bersama ke lapangan untuk mengutip pajak. Dengan kolaborasi yang dilakukan ini, diharapkan realisasi pajak diperoleh bisa lebih maksimal lagi.

Hal ini disampaikan Bobby Nasution saat memimpin rapat konsolidasi dan percepatan pembahasan pelaksanaan agenda pembangunan Kota Medan secara dini dan terarah melalui zoom meeting di Command Center, Balai Kota Medan, Rabu (26/4/2023). Sebelum turun bersama, kata Bobby Nasution, Bappeda lebih dahulu melihat kondisi di lapangan.

“Kalau bisa libatkan perangkat daerah terkait untuk melakukan pengutipan pajak, misalnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak restoran, hotel, tempat hiburan dan lain sebagainya. Kami berharap Bapenda  dapat melakukan hal tersebut guna mendukung peningkatakan PAD,” kata Bobby Nasution didampingi Wakil Walikota, Aulia Rachman dam Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman.

Baca Juga:   Pasar Modal Indonesia Terbaik se-ASEAN

Dalam rapat yang turut dihadiri seluruh pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan ini, Bobby selanjutnya berpesan mengingatkan kepada seluruh perangkat daerah agar, mendata kembali pekerjaan yang dilakukan di tahun 2022 dan 2023. Ditegaskannya, pekerjaan yang dilakukan di tahun 2022 berkesinambungan di tahun 2023 agar dipantau kembali.

Bobby Nasution mencontohkan pembinaan UMKM yang telah dilakukan di tahun 2022. Untuk itu, imbuhnya, perangkat daerah terkait harus mendata dan memantaunya kembali di tahun 2023.

“Pemantauan dan pendataan ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah pembinaan dan bantuan yang telah dilakukan kepada kelompok usaha atau individu benar-benar berjalan efektif dan dirasakan manfaatnya di tahun 2023 ini,” ungkapnya.

Baca Juga:   Turunkan Stunting, Pemko Medan Gelontorkan Anggaran Rp. 198 Milyar

Terkait itu, Bobby Nasution minta kepada Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan serta Dinas Pariwisata untuk segera melakukan pendataan.

“Kita ingin mengetahui apakah mereka benar-benar terbantu dengan program dari kita. Minggu depan saya minta data tersebut harus sudah ada!” tegasnya.

Kepada Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Kontruksi (SDABMBK), Bobby juga  mememinta untuk melakukan pendataan terkait pengerjaan yang dilakukan di tahun 2022, di antaranya guna mengetahui beberapa titik dan panajang pengerjaan u-ditch yang telah dilakukan.

Selanjutnya kepada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan, Bobby Nasution berpesan agar  segera menyampaikan capaian pengerjaan pembangunan dengan sistem multiyears yang dilakukan di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Baca Juga:   15 Pejabat Administrator dan Pengawas Dilantik, Target PAD Diminta Harus Tercapai

“Tolong dipaparkan Pak, kondisi pengerjaan fisik yang besar dan cek betul-betul pekerjaannya. Sebab, pembangunan dengan sistem multiyears ini menjadi sorotan,” paparnya.

Di rapat tersebut, Bobby Nasution juga melihat layar yang terhubung langsung dengan CCTV di sejumlah ruas jalan di Kota Medan. Salah satunya yang dipantau  di persimpangan Jalan Tirtanadi dan Jalan Sisingamangaraja. Dari pantauan tersebut, terdapat genangan air   yang terjadi akibat hujan deras.

“Saya minta Dinas SDABMBK, tolong langsung dicek saat ini juga dan segera atasi,” pungkasnya. (MS7)