Ekonomi

Tokko dan LinkAja Dorong Inklusi Digital Untuk Pelaku UMKM

mediasumutku.com|MEDAN- Untuk mengedukasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia dalam mendigitalisasi bisnis, Tokko, sebagai platform pembuatan toko online baru saja mengumumkan kolaborasinya dengan aplikasi dompet digital populer LinkAja.

Kerja sama ini menargetkan lebih dari 65.000 merchant LinkAja yang akan mendapat pelatihan digital melalui webinar dan juga pendampingan dalam upaya mendigitalisasikan bisnis mereka dengan metode edukasi yang disediakan oleh aplikasi Tokko.

Peresmian kerja sama tersebut ditandai oleh penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan secara virtual oleh kedua perwakilan dari PT. Beegroup Financial Indonesia (Tokko) dan PT. Fintek Karya Nusantara (LinkAja).

Mewakili Tokko, VP of Acquisition and Growth PT Beegroup Financial Indonesia, Arlan Andhika mengatakan, kerjasama ini merupakan langkah awal dari perjalanan panjang Tokko untuk mengambil peran dalam upaya digitalisasi UMKM di Indonesia lewat teknologi digital. Kondisi pandemi saat ini tentunya membuat para pelaku UMKM dihadapkan dengan ketidakpastian bisnis karena ketergantungan mereka terhadap transaksi offline.

“Sinergi dengan LinkAja ini bertujuan saling memperkuat kedua pihak dalam mengembangkan kualitas produk dan mengedepankan peningkatan teknologi, khususnya di periode pandemi. Selain itu, keterbukaan akses terhadap keahlian kedua pihak diharapkan mampu menghadirkan solusi yang tepat untuk produk dan ekosistem yang tangguh bagi UMKM Indonesia,” kata Arland, Senin (21/7/2021).

Kepala Bagian Pengembangan Ekosistem Mikro dan Pariwisata PT. Fintek Karya Nusantara, Anugrah Nanda Wijaya menyambut baik kerjasama yang terbangun dengan Tokko. Ini sejalan dengan semangat LinkAja dalam mewujudkan cashless society di Indonesia sekaligus membantu percepatan terwujudnya kemudahan transaksi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Di era digital ini, platform online banyak dimanfaatkan untuk menjadi sumber penghasilan bagi sebagian besar orang. Kolaborasi LinkAja dengan Tokko ini mengupayakan para pelaku UMKM agar dapat bersaing dengan pelaku bisnis lainnya, yaitu dengan menyediakan platform online agar para pebisnis dapat memperoleh pelanggan baru tambahan untuk toko mereka,” kata Anugrah.

Untuk informasi, hingga Juni 2021, LinkAja telah memiliki 71 juta pengguna terdaftar yang tersebar di kota tier dua dan tiga, dan di antaranya ada sebanyak 1,1 juta mitra UMKM dari seluruh pengguna yang terdaftar pada platform LinkAja.

Ke depannya, Tokko dan LinkAja akan terus berupaya untuk mengedukasi para pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan platform digital serta lebih familiar terhadap mekanisme penjualan online, khususnya di era digital. Kemitraan ini juga memperkuat sinergi kedua pihak guna mengambil peran dalam upaya digitalisasi UMKM di Indonesia.(MS11)

Tinggalkan Balasan