Berita Sumut Ekonomi Headline Sumut Teknologi

Tokoh Masyarakat Sumut, Dukung Pemanfaatan Andaliman Hasil Temuan Mahasiswa IT DEL

BALIGE-Tokoh masyarakat Sumatera Utara, Dr. Parlindungan Purba, SH,MM saat diundang menjadi salah satu pembicara di Institut Teknologi (IT) DEL Jumat (2/12/2022) menyambut baik hasil temuan mahasiswa terkait andaliman.

Tokoh Masyarakat Sumut sekaligus Ketua Bilateral Asean Indonesia itu tertarik dengan pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa dari Institut Teknologi (IT) DEL pada acara Beranda Nusantara mengenai penemuannya tentang menggabungkan makanan Khas Toba, Andaliman dengan makanan khas Korea, Kimchi.

Mahasiswa semester 5, dari fakultas Bioteknologi IT Del Prodi S1 Teknik Bioproses, Rachel Sinaga, pada saat sesi tanya jawab yang dipandu oleh host di acara Beranda Nusantara, menceritakan kepada Parlindungan Purba tentang hasil penemuannya untuk mengkolaborasikan makanan Kimchi dengan Andaliman. Tetapi ia bingung untuk memasarkannya.

“Kami dari mahasiswa Bioteknologi pernah melakukan eksperimen terhadap makanan khas yang bernama Andaliman khas Toba digabungkan dengan Kimchi makanan khas Korea, kalau misalnya produk ini berhasil dan diproduksi, agak sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, bagaimana cara agar masyarakat bisa percaya dengan produk kami ?” tandas Rachel.

Mantan Ketua Komite II DPD-RI (2014-2019) langsung tertarik untuk mendukung pemanfaatan Andaliman tersebut.

“Saya datang ke IT DEL untuk menindaklanjuti pertemuan dalam diskusi tadi, coba lakukan penelitian, kalau sudah ada hasilnya nanti, saya akan dukung dan bantu untuk memproduksi dengan cara mengundang pihak restoran Jepang dan Korea yang di Medan,” kata Parlindungan.

Kemudian, Mariana Simanjuntak, M.Sc, dari manajemen pemasaran pariwisata sekaligus menjadi pembicara di Beranda Nusantara dan masyarakat setempat warga Balige akan membantu untuk mengakomodir penemuan mahasiswa IT DEL tersebut agar andaliman memiliki sesuatu nilai jual dan membantu ekonomi masyarakat sekitar.

“Saya akan kawal teman-teman mahasiswa terkait dengan penemuan tersebut, dikarenakan andaliman ini akan mengangkat ekonomi masyarakat setempat,” ucap Mariana.