Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
HeadlineKesehatan

TP-PKK dan Dinas PPPA Bagikan Masker ke Masyarakat

×

TP-PKK dan Dinas PPPA Bagikan Masker ke Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Medan, Mediasumutku.com– Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut membagi-bagikan ribuan masker kepada masyarakat, khususnya yang melintas di depan Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30, Medan, Selasa (24/9/2019) siang.

Pembagian masker itu dilakukan dsesuai dengan instruksi yang disampaikan Wakil Gubernur Sumatera utara (Wagubsu) Musa Rajeckshah saat memantau perkembangan cuaca dan penerbangan di bandara Kualanamu pada Selasa pagi.

Hal tersebut merupakan bagian dari upaya Pemprov Sumut untuk mengantisipasi dampak buruk kabut asap yang menyelimuti wilayah Sumut dan diperkirakan masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

Baca Juga:   Nek Nurikem Menjadi Inspirasi Bagi Hj Nawal Untuk Hidupkan Program Bedah Rumah

Baca juga: Pemko Medan Siaga Asap Karhutla

“Sesuai dengan instruksi yang disampaikan oleh Wagub Sumut tadi pagi saat konferensi pers, potensi peningkatan kabut asap diprediksi terjadi beberapa hari ke depan. Bagi-bagi masker ini adalah bentuk aksi kita untuk membantu masyarakat melakukan proteksi diri,” ujar Kepala Dinas PPPA Nurlela saat ditemui di sela aksi pembagian masker.

Sebelumnya, kata Nurlela, Pemprov Sumut melalui BPBD dan dinas lainnya telah membagikan sekitar 500.000 lebih masker yang disalurkan kepada kabupaten/kota di Sumut. Untuk hari ini, kata dia, ada sebanyak 1.000 masker yang dibagikan ke masyarakat secara gratis.

TP-PKK dan Dinas PPPA Sumut berfoto sama saat sebelum membagikan masker kepada masyarakat yang melintas di depan kantor Gubernur Sumatera Utara Jalan Diponegoro Medan.

“Kabut asap ini kan sangat berbahaya untuk pernapasan kita dan berpotensi menyebabkan kita terkena ISPA. Jadi tadi kita sosialisasikan juga kepada Ibu-Ibu dan Bapak untuk dipakaikan kepada anak-anaknya,” kata Nurlela.

Dibantu oleh pihak kepolisian, pembagian masker di jalan berlangsung tertib. Banyak pengendara yang mengemudi dengan pelan bahkan berhenti untuk mendapat masker. Mulai dari pengemudi ojek daring, abang becak, angkot, dan kendaraan pribadi semua memperoleh masker.

Baca Juga:   Seminar Literasi Digital, Parlindungan Purba Sampaikan Bahaya Judi Online

Asri Nova, salah satu masyarakat yang sedang berjalan kaki melewati Kantor Gubernur mengucapkan terima kasih saat menerima masker. “Belum sempat beli masker, syukurlah bisa dapat ini. Soalnya sudah makin parah memang kabut asapnya,” katanya, segera memakai masker.

Pembagian masker berlangsung lancar dan tertib. Sembari membagikan, sesekali diinformasikan terkait potensi peningkatan kabut asap beberapa hari ke depan. Juga, disosialisasikan cara pakai masker yang benar. Turut hadir dalam kegiatan tersebut para ASN Dinas PPPA Sumut dan anggota PKK Sumut.(MS1/MS1)