Berita Sumut Sumut

TP-PKK Sergai Gelar Sosialisasi Pengawasan Pola Asuh Anak dan Remaja

SEI RAMPAH – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri sekaligus membuka kegiatan sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) pada sub-kegiatan promosi dan sosialisasi kelompok kegiatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga (menjadi orang tua hebat, generasi berencana, kelanjutusiaan serta pengelolaan keuangan keluarga) Kabupaten Sergai. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (13/10/2022).

Dalam sambutannya yang dibacakan Sekdakab, Bupati Sergai menyampaikan jika pada zaman era serba digital sekarang ini, pola asuh anak dan remaja juga harus disesuaikan. Menurutnya hal ini disebabkan penggunaan teknologi yang berlebihan kadang menyebabkan berkurangnya interaksi antar manusia secara langsung, menurunnya nilai-nilai gotong royong di dalam diri individu, keluarga dan masyarakat.

“Maka dari itu, perlu dilakukan pola asuh yang membantu anak agar bersikap kritis terhadap pengaruh-pengaruh negatif dari era digital. Pola asuh berasal dari kegigihan orang tua dalam mempersiapkan anak-anaknya untuk meraih masa depan yang cemerlang,” pesan Bupati.

Bupati melanjutkan, anak adalah titipan Tuhan yang harus dijaga dan didik dengan baik. Harapnnya setelah dewasa kelak dapat berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara serta mampu membahagiakan dan membanggakan kedua orang tuanya.

“Kita semua kiranya dapat mempersiapkan anak-anak kita sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai yang baik, dimulai dari keluarga, mengajarkan kejujuran dan tanggung jawab. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada peserta untuk dapat membagi ilmu yang didapat kepada masyarakat,” kata Darma Wijaya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Sergai meminta dukungan seluruh pihak agar terus berkarya untuk mendukung visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya yang diwakili Ketua Bidang I TP-PKK Sergai Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan menyampaikan TP-PKK memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya perempuan dan anak.

“Mendidik anak menjadi hal terpenting dalam sebuah keluarga, pola asuh anak dan remaja adalah suatu upaya untuk meningkatkan dan mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial, dan intelektual seorang anak di masa depan tergantung pola asuh orang tuanya,” ujar Aini Zetara.

Ia melanjutkan, di era digital saat ini banyak sekali kemajuan dalam berbagai bidang terlebih di bidang teknologi, seperti misalnya adanya gadget. Perubahan yang saat ini terjadi memberikan tantangan baru untuk pola asuh anak dan remaja agar tidak ketergantungan.

Masih lanjut Aini Zetara, peran orang tua juga sangat diperlukan untuk membimbing anak dan perlu diperhatikan agar kelak menjadi manusia yang berkualitas, sehat, bermoral dan berguna bagi dirinya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu usaha untuk memberikan informasi terkait pola asuh anak dan remaja di era digital sehingga anak dapat meraih cita-cita sebagai generasi penerus bangsa dan diharapkan kepada para peserta agar dapat mengimplementasikan apa yang didapatkan hari ini. Kami berharap melalui kegiatan ini peserta dapat bertambah pengetahuan dan dapat mengaplikasikan di masyarakat untuk mendukung pencapain visi Kabupaten Sergai,” tandasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua II TP-PKK Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Kadis Kominfo Sergai Drs. H. Akmal, AP, MAP yang juga bertindak sebagai salah satu narasumber, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sergai yang diwakilii Kasi Bimas Islam H. Makmur, MA, dan Kepala BNNK Sergai yang diwakili Sub Koordinator Rehabilitasi, Magdalena Hutagalung, SKM. (MS8)