Ekonomi Headline

Trans Sumatera Ruas Binjai-Langsa 131 Km Dibangun

mediasumutku.com | JAKARTA : Satu lagi proyek tol Trans Sumatera, ruas Binjai-Langsa 131 Km mulai dibangun. Jika sudah rampung, ruas ini akan menghubungkan Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.974 Km, terdiri dari koridor utama 2.062 Km dan koridor pendukung 890 Km terus dikerjakan dan sebagian sudah rampung.

Salah satu ruas tol yang mulai dibangun adalah Binjai – Langsa sepanjang 131 km yang merupakan bagian dari tol Trans Sumatera menghubungkan Aceh dan Sumatera Utara. Pool/Kementerian PUPR.

Dimulainya Pembangunan Jalan Tol tersebut, ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada Ruas tersebut yang dilakukan oleh Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Danang Parakesit dengan Direktur Utama PT. Hutama Karya Bintang Perbowo disaksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (20/12/2019). Pool/Kementerian PUPR.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol ini merupakan salah satu ruas prioritas dan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dan diharapkan dapat meningkatkan pergerakan logistik dari Provinsi Sumatera Utara menuju Provinsi Aceh dan mendukung pengembangan wilayah yang berada di sekitar jalan tol.

Menteri Basuki berharap, dengan adanya partisipasi aktif dari Pemerintah Daerah dan Badan Usaha serta seluruh pihak terkait untuk mendukung pelaksanaan pembangunan jalan tol ini dapat mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol tersebut.

Kepala Badan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, jalan tol dengan nilai investasi sebesar Rp 23,35 triliun ini direncanakan memiliki 5 Simpang Susun, yaitu: Simpang Susun Stabat Simpang Susun Tanjung Pura, Simpang Susun Pangkalan Brandan, Simpang Susun Kuala Simpang, dan Simpang Susun Langsa.*