Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Internasional

Trump Salah Sebut Nama Menterinya

×

Trump Salah Sebut Nama Menterinya

Sebarkan artikel ini

Donald Trump, Presiden Amerika Serikat, kembali menuai kritikan. Pasalnya Presiden Negeri Paman Sam tersebut salah menyebutkan nama menteri pertahanan didalam cuitannya twitter-nya, Trump menyebut “Mark Esperanto” yang seharusnya Mark Esper.

“Mark Esperanto, Menteri Pertahanan. Gencatan senjata bertahan dengan sangat baik. Ada beberapa pertempuran kecil yang berakhir dengan cepat,” tulis Trump di akun Twitternya.

Presiden kemudian menghapus cuitan tersebut dan mengunggah ulang. Kali ini, dia dengan pengejaan nama yang benar, Mark Esper.

Dilansir dari Independent, Senin 21 Oktober 2019, Esper dilantik sebagai menhan AS pada Juli 2019 setelah jabatan tersebut sempat kosong selama tujuh bulan. Dia menggantikan Jim Mattis, setelah jenderal itu berselisih pendapat dengan Trump karena menarik pasukan AS dari Suriah.

Baca Juga:   Polisi Temukan Truk Penuh Bom dan Senjata Saat Kerusuhan di Capitol

Esper saat ini menjadi salah satu tokoh penting dalam keputusan kebijakan luar negeri paling kontroversial dari Donald Trump. Seperti awal bulan ini ketika Trump tiba-tiba mengumumkan bahwa pasukan AS akan meninggalkan Suriah utara.

Beberapa hari kemudian, Turki mulai menyerbu daerah itu dan memulai serangan terhadap pejuang Kurdi, yang sebelumnya memimpin perjuangan melawan ISIS bersama dengan anggota militer AS.

Trump juga dikecam oleh anggota Partai Republik tentang keputusan untuk menarik pasukan.

“Menarik pasukan AS dari Suriah adalah kesalahan strategis yang serius. Itu akan membuat rakyat Amerika dan Tanah Air menjadi kurang aman, memberanikan musuh-musuh kita, dan melemahkan aliansi penting,” tulis pemimpin mayoritas Senat, Mitch McConnell, dalam kolom opini Washington Post. [vivanews]

Baca Juga:   Positif Covid-19, Mel Gibson Diopname