Pendidikan

UNA Ajak Mahasiswanya Manfaatkan Potensi Ekonomi Lokal

ASAHAN – Mahasiswa di Universitas Asahan (UNA) diberikan ruang kreatifitas secara luas untuk berkontribusi di masyarakat dalam berbagai sektor termasuk membantu pengembangan potensi ekonomi lokal.

Hal tersebut, diungkap dalam seminar nasional digelar Fakultas Ekonomi Universitas Asahan (FE UNA) mengangkat tema “Pengembangan Potensi Ekonomi Lokal Melalui Program Kreativitas Mahasiswa dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” pada Selasa (18/2/2022) kemarin.

Narasumber dalam kegiatan ini yakni Muhammad Umar Maya Putra, SE, M.Si (Dosen Al-Azhar Medan) dan mahasiswa PMM-DN.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kegiatan ini diikuti sebanyak 241 mahasiswa. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si yang diwakili Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Abdul Rahman, M.Pd, M.Si, Dekan FE UNA Hadi Suriono, SE, MM, Wakil Dekan I Bidang Akademik FE UNA Tengku Syarifah, SE, M.Si, Wakil Dekan II Bidang Administrasi dan Keuangan FE UNA Anshari Putra, SE, MM, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Rosnaida, SE, MM, Ketua dan Sekretaris Prodi Manajemen FE UNA, Ketua dan Sekretaris Prodi Pembangunan FE UNA serta dosen dan para peserta.

Dekan FE UNA Hadi Suriono, SE, MM dalam sambutannya, mengatakan seminar ni menjadi kesempatan positif untuk menimba ilmu, mendengarkan paparan dari narasumber serta nanti bisa dijadikan pedoman positif dalam menunjang studi.

“Tujuan dari kegitan ini yaitu mendorong kreativitas mahasiswa dalam pengembangan gagasan, ide kreatif dan kemampuan untuk berkarya dalam bidang kewirausahaan serta potensi yang dimilikinya,” terangnya.

Ia juga berharap dengan terlaksananya seminar ini mahasiswa dapat menggali ide-de kreaktif, inovasi dan berkarya dalam mengembangkan potensi ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengapresiasi keinginan untuk menyelenggarakan kegiatan ini dan banyak hal pelajaran yang bisa diambil untuk dievaluasi pada kegiatan tersebut.

Ketua Yayasan sekaligus membuka acara tersebut juga berharap dengan kegiatan seperti ini akan terus diadakan UNA khususnya di FE UNA ini, sehingga hasil akhirnya mendapatkan luaran, ide kreatif dan motivasi dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa.

Muhammad Umar Maya Putra, SE, M.Si memaparkan bagaimana membuka peluang usaha secara online, memberikan tips serta trik dan juga bagaimana cara pengelolaan dengan baik serta pentingnya dunia digital seperti tiktok, facebook, instagram dan twitter, yang mana bertemu saat sekarang ini kita tidak harus bertatap muka, diruang virtual pun kita bisa bertemu untuk bekerjasama, karena saat sekarang ini kita berkolaborasi bukan bekerja sendiri – sendiri.

“Mengharuskan kita bagaimana beradaptasi dengan era digital saat ini salah satu caranya ada berkarya di media sosial”, ujarnya.
Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam seminar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. (Per)