Kesehatan

Unik, Lanal TBA Ajak Pelajar Vaksin Sambil Belajar Pengetahuan Bahari di KAL Pandang

TANJUNGBALAI – Ratusan pelajar di Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut) tampak senang divaksin sekaligus bisa menaiki kapal perang milik Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Asahan (TBA), di dermaga Panton, Kamis (20/1/2022).

Cara ini terbilang sukses menarik perhatian minat anak – anak usia 6-11 tahun untuk divaksin. Mereka antusias ikut divaksin sekaligus bisa melihat langsung beragam kecanggilan di kapal perang milik TNI AL, Kapal Angkatan Laut (KAL) Pandang I-1-72.

“Kami berikan pengalaman baru kepada anak anak ini untuk keluar dari rutinitasnya di sekolah. Jadi kami undang divaksin di sini bisa sekaligus melihat langsung KAL Pandang,” kata Komandan Lanal TBA, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory.

Robinson mengatakan, vaksinasi maritim anak ini sengaja dibuat di luar sekolah selain memiliki tujuan untuk menanamkan pengetahuan tentang bahari ke para pelajar khususnya angkatan laut.

“Jadi mereka juga mendapatkan wawasan baru soal dunia bahari khususnya mengenai angkatan laut, ini pesan yang ingin kami sampaikan selain mengajak mereka untuk divaksin,” jelasnya.

Guna memudahkan akses transportasi para pelajar ini diantar jemput oleh bus TNI AL dari sekolah mereka.

Setelah divaksin satu persatu mereka dipersilahkan naik ke atas kapal dan mendapatkan penjelasan soal pengoperasian hingga tugas kapal buatan dalam negeri dan baru diresmikan pada Juni 2021 untuk menjaga laut di wilayah RI itu.

M Reza, salah seorang pelajar kelas VI SD mengaku senang bisa berkeliling kapal usai divaksin dan menjadikan pengalaman baru baginya.

“Senang bisa divaksin dan diajak lihat-lihat naik ke atas kapal habis divaksin,” ujarnya. (MS10)