Pendidikan

Universitas Asahan Resmi Miliki Resimen Mahasiswa

Asahan – Universitas Asahan kini memiliki Resimen Mahasiswa (Menwa). Untuk diketahui, Menwa menjadi salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI.

Keberadaan Resimen Mahasiswa di Universitas Asahan ini setelah setelah keluarnya surat pengangkatan Komandan Satuan Resimen Mahasiswa Universitas Asahan tertuang dalam Keputusan Komandan Komando Resimen Mahasiswa Sub 206/Asahan Nomor : KEP/01/SUB/VII/2022 pada tanggal 20 Mei 2022.

Disamping itu, sebelumnya enam orang mahasiswa UNA telah mengikuti Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Garuda Sakti XXVIII di MAKO BRIGIF 7/RIMBA RAYA.

Bisa dikatakan, keberadaan Menwa di kampus berperan sebagai komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.

Oleh karena itu, mahasiswa diberi latihan agar siap mempertahankan home-front dan bila perlu ikut memanggul senapan ke medan laga. Untuk markas komando satuan Menwa sendiri bertempat di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut.

Di kampus, Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lain dan berada langsung di bawah rektorat yang mendapatkan dukungan langsung dari Rektor Universitas Asahan, Prof Dr Tri Harsono M.Si.

Rektor mengungkapkan resimen Mahasiswa Indonesia sebagai salah satu wadah yang berperan dalam membentuk jiwa dan karakter generasi bangsa yang handal, berwawasan kebangsaan, penuh kreativitas dan dedikasi untuk menyongsong hari depan yang lebih baik.

Rektor juga mengingatkan untuk melaksanakan amanat dengan penuh kesungguhan. “Apabila kita diberikan amanah kecil, kemudian kita tunaikan dengan kesungguhan yang besar, maka berarti kita sedang menyiapkan diri untuk diberikan amanah yang lebih besar,” pesannya. (MS10)