Medan

Upaya membangun TPS 3R, Pemko Medan Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah

MEDAN-Untuk mewujudkan program prioritas Walikota Medan Bobby Nasution khususnya di bidang kebersihan, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Hotel Grand Jamee, Jalan Ringroad, Selasa (15/11/2022).

Melalui sosialisasi ini diharapkan nantinya para peserta dapat mengelola dan memanfaatkan sampah yang dihasilkan dari masyarakat menjadi bernilai guna kembali.

Sosialisasi Pengelolaan Sampah ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Syarifuddin Irsan Dongoran diwakili Kabid Pengelolaan Sampah, Baharuddin Harahap. Sebagian pembicara dihadirkan dari penggiat lingkungan, Komunitas Roda Hijau, Tengku Muazizah dan Cristella Suwangso serta Penggiat Budidaya Maggot, Murzaidir Arfan.

Dijelaskan Baharuddin Harahap, sosialisasi  pengelolaan sampah yang diikuti jajaran Dinas Kebersihan dan Pertamanan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan terutama dalam pengelolaan sampah.

“Melalui sosialisasi ini Aparatur kita diajak dan dihimbau untuk melakukan pengelolaan sampah di  rumah maupun di lingkungan mereka. Dengan harapan nantinya mereka dapat mengelola dan memanfaatkan sampah yang dihasilkan dari masyarakat menjadi bernilai guna kembali,” jelasnya.

Menurut Baharuddin Harahap, kegiatan ini juga merupakan upaya dalam mewujudkan program prioritas Pak Bobby Nasution khususnya di bidang kebersihan dimana saat ini kita fokus juga dalam membangun  TPS 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Artinya setelah sosialisasi ini mereka dapat lebih mengetahui pengelolaan sampah sebelum sampah dibuang ke TPS.

“Penanganan kebersihan merupakan amanat dari Walikota Medan Bobby Nasution, oleh karena itu wujudkan melalui kurangi sampah dengan membangun TPS 3R dengan pengelolaan sampah yang baik,” sebutnya.

Sosialisasi ini diikuti 130 peserta dengan menghadirkan pembicara dari penggiat lingkungan, Komunitas Roda Hijau, Penggiat Budidaya Maggot. (MS7)