Berita Sumut Headline Pendidikan Sumut

USU Kukuhkan 4 Guru Besar Tetap

MEDAN-Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin memimpin upacara Pengukuhan Guru Besar Tetap Universitas Sumatera Utara di Auditorium USU, Jalan Alumni, Kampus USU Medan, Senin (15/8/2022).

Empat guru besar yang dikukuhkan adalah Prof.Dr.dr. Blondina Marpaung, Sp.PD, K-R dengan judul pidato “Peran Reumatologi pada Kesehatan Masyarakat, Tantangan dan Harapan di Masa Depan”. Prof.Dr.Ir. Ilmi, M.Sc dengan judul pidato “Potensi Sampah Kota Medan Sebagai Energi dan Pupuk”, Prof. Dr. Juliati Br Tarigan, S.Si,M.Si dengan judul pidato “Oleokimia:Perkembangan dan Prospeknya di Indonesia”, dan Prof.Dr. Dra. Erna Frida, M.Si dengan judul pidato “Pengolahan Limbah Abu Boiler Kelapa Sawit Menjadi Nano Partikel yang Digunakan Sebagai Filler”.

Prof.Dr.dr. Blondina Marpaung, Sp.PD, K-R adalah guru besar dari Fakultas Kedokteran USU

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian Universitas Sumatera Utara Dr. Edy Ikhsan, SH,MA membacakan profile dan riwayat akademik masing-masing guru besar yang dikukuhkan.

Selanjutnya, Sekretaris Universitas Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar M.Ked(OG), Sp.OG(K) didampingi Rektor USU Muryanto Amin mengukuhkan empat orang guru besar dan disaksikan oleh para Wakil Rektor, Dekan, mahasiswa serta para undangan.

Setelah pengukuhan, Rektor USU Muryanto Amin menyampaikan selamat kepada empat guru besar yang baru dikukuhkan.

“Indonesia mengalami krisis pembelajaran sejak 20 tahun lalu, jika dilihat dari indikator internasional tidak ada peningkatan yang terjadi selama 10 sampai 20 tahun terakhir. Untuk keluar dari situasi ini dibutuhkan solusi-solusi yang luar biasa untuk mengejar ketertinggalan kita,” kata Muryanto Amin.’

Pengelolaan pendidikan tinggi secara global, lanjut Rektor sudah dilakukan dengan menggunakan pendekatan sociopreneur university yang mengedepankan pengembangan inovasi dan networking yang sangat luas sebagai cara dan solusi dalam mengatasi masalah-masalah yang kita hadapi saat ini.

“Proses pembelajaran antara mahasiswa dan dosen tidak lagi hanya dilakukan di dalam ruang kuliah, tetapi harus membentuk jejaring interdisiplin dan membangun jejaring dengan industri di berbagai belahan dunia,” tandasnya.

Saat ini, lanjut Muryanto Amin, USU sedang melakukan berbagai terobosan dan transformasi. Dengan dikukuhkannya 4 guru besar hari ini diharapkan dapat mendukung percepatan perwujudan transformasi tersebut.

Setelah sambutan Rektor, acara dilanjutkan dengan penyampaian pidato ilmiah dari masing-masing guru besar yang dikukuhkan, serta diakhiri dengan foto bersama.