Headline Internasional Kesehatan Nasional Peristiwa Teknologi

Vaksin Covid-19 Telah Ada Di Indonesia, Belum Siap Edar dan Digunakan

Mediasumutku.com | Jakarta – PT. Bio Farma bekerjasama dengan Sinovac, perusahaan negeri panda mendapatkan kiriman Vaksin Covid-19 dan sudah tiba di Indonesia. Pihak Kementerian Luar Negeri bahkan sudah menyerahkan vaksin itu kepada PT Bio Farma.

“Vaksin Sinovac benar tiba hari ini,” ujar Pelaksana tugas (Plt) juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah lewat pesan singkat kepada wartawan, Minggu (19/7/2020).

Teuku mengatakan, kerjasama dengan Sinovac Biotech, perusahaan biofarmasi asal RRT ini merupakan konteks diplomasi vaksin yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam jangka pendek.

Indonesia menjajaki dengan beberapa pihak, termasuk Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (Cepi) yang markasnya ada di Norwegia. “Kerjasama dengan Sinovac Biotech saat ini yang paling maju. Indonesia terlibat clinical trial tahap 3,” ujar Teuku.

Untuk jangka menengah atau panjang, kata Teuku, pengembangan vaksin nasional akan dikelola oleh konsorsium nasional. “Kerjasama dengan Sinovac ini bersifat setara karena kita sudah mempunyai kapasitas produksi dengan skala besar,” ujarnya.

Vaksin ini belum siap edar, masih harus melalui uji klinis tahap III, PT Bio Farma akan bekerjasama dengan Universitas Padjadjaran dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Balitbangkes untuk mempersiapkan uji klinis tahap tiga tersebut.

Pihak Bio Farma telah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jika disetujui BPOM, vaksin Covid-19 tersebut, bisa digunakan untuk keadaan darurat mulai kuartal pertama 2021. (kc/MS8)