Headline Peristiwa

Viral Tabrakan Pembalap Liar dan Penonton di Sumut, Polisi Selidiki

Tanjungbalai – Aksi balapan liar di Tanjungbalai, Sumatera Utara (Sumut) kembali makan korban pembalap dan penontonnya. Videonya viral dan beredar di sosial media.

Dilihat wartawan, Senin (18/4/2022) dalam video berdurasi 17 detik memperlihatkan sejumlah orang bersorak di pinggir jalan menantikan pebalap melaju dengan kecepatan tinggi. Beberapa orang dalam video tersebut turut merekam dengan gawai mereka.

Tak lama, sebuah cahaya dari kejauhan mendekat diringi suara raungan motor melaju dengan kecepatan tinggi. Penonton pun bersorak.

Setelah sekian detik sepeda motor pertama lewat, tak diduga seorang penonton yang mulanya menyaksikan dari pinggir jalan tetiba mendekat maju ke tengah melihat kederaan yang baru melintas tanpa dia sadari masih ada kenderaan yang ditumpangi pebalap lain dibelakangnya belum melintas. Brak. Tabrakan tak terhindarkan. Diikuti suara motor yang menyeret ke aspal.

Pada video kedua berdurasi 25 detik memperlihatkan keduanya baik pebalap dan korban penonton sudah terkapar di tengah aspal. Seorang pria bercelana jeans biru baju putih serta seorang lagi bercelana hitam baju hitam. Mereka sama sama tak bergerak. Belum diketahui identitas keduanya.

“Woi tolong, tolong. Angkat – angkat,” kata suara dalam rekaman.

Diduga peristiwa tersebut terjadi di Jalan Lingkar Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai pada Minggu (17/4) selepas sahur. Daerah tersebut selama ini memang kerap dijadikan sebagai lokasi balapan liar sejumlah pemuda.

Polisi yang mendapat informasi tersebut berdasarkan rekaman video beredar viral di media sosial langsung melakukan cek di lokasi untuk menyelidiki kejadian tersebut.

“Sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat terkait laka lantas itu. Kita belum tau identitas korban. Namun ini sedang ditelusuri. Tadi sudah cek TKP di lokasi kejadian dan mengumpulkan keterangan dari masyarakat,” kata Kasat Lantas Polres Tanjungbalai, AKP Hotlan Wanto Siahaan.

Dikatakannya memang selama ini daerah tersebut kerap dijadikan oleh sekelompok pemuda untuk balap liar karena kondisi jalan sepi dan lebar disamping ruas permukaan jalan juga sangat baik.

Sebelumnya, aksi balapan liar di lokasi yang sama pernah terjadi merenggut korban tewas pada tanggal 4 April 2022 lalu. Video korban juga direkam dan beredar di sosial media.

Sehari sebelumnya, Satlantas Polres Tanjungbalai juga pernah menilang 33 sepeda motor mayoritas berknalpot brong dan rencananya akan meramaikan kegiatan balap liar di sana.

“Biasa memang selalu ada anggota patroli di sana. Jadi selama ini seperti kucing-kucingan. Sudah sering. Biasanya mereka mainnya tengah malam, karena bulan puasa ramainya habis sahur,” kata Kasatlantas saat dikonfirmasi wartawan, Senin (4/4/2022) lalu. (MS10)