Berita Sumut Headline Sumut

Wabup Sergai: Pembangunan Akan Sia-sia, Kalau Generasi Muda Terjerumus Narkoba

SERGAI – Keseriusan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkoba di Tanah Bertuah Negeri Beradat terus berlanjut.

Salah satu aksi yang dilaksanakan adalah menjalin sinergi dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sergai. Sinergi tersebut kemudian terealisasi lewat pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) yang kali ini kembali dilaksanakan di Lapangan Pangkalan Budiman, Kecamatan Sei Rampah, Kamis (29/9/2022).

Wakil Bupati (Wabup) Sergai Adlin Tambunan yang hadir dalam kegiatan ini meminta dengan tegas agar seluruh pihak bergotong royong untuk memberangus peredaran narkoba di daerahnya masing-masing.

Adlin Tambunan menuturkan, dirinya dan Bupati Sergai H. Darma Wijaya selama ini aktif menggenjot pembangunan di berbagai sektor, mulai dari UMKM, pertanian, hingga infrastruktur. Namun seluruh hasil pembangunan tersebut tidak akan berdampak apa-apa kalau generasi muda malah terjerumus ke dalam penyalahgunaan barang haram narkoba.

“Pemuda-pemudi kita mesti sadar betul kalau menggunakan narkoba adalah perbuatan sia-sia. Kita jangan bertindak bodoh dengan terperdaya nikmat sesaat hanya untuk merasakan ganjaran mengerikan yang menunggu di masa depan,” ujar Wabup.

Ia kemudian menyebut, belakangan para pengedar atau bandar narkoba cenderung menggeser sasarannya, dari yang sebelumnya pada kalangan mampu, sekarang lebih banyak menyasar orang-orang yang secara ekonomi menengah ke bawah. Menurutnya hal ini disebabkan pengetahuan yang minim akan dampak pemakaian narkoba.

“Karena itu mewakili Pemkab Sergai, saya siap mendukung seluruh program yang dicanangkan untuk memberantas narkoba. Mari kita perangi secara tuntas penyalahgunaan narkoba untuk Sergai yang Maju Terus,” tandasnya.

Di kesempatan serupa, Kepala BNNK Sergai Ir. Pinondang Poltak Marganda, M. Si, CRMO, menjelaskan kalau pencanangan Desa Bersinar di Desa Sei Rampah ini adalah satu dari tiga lokasi yang ditetapkan selain di Desa Sei Bamban dan Kelurahan Pekan Dolok Masihul.

“Tempat yang dipilih sebagai Desa Bersinar bukan karena desa tersebut bersih dari narkoba. Justru sebaliknya, Desa Bersinar jadi upaya yang dilakukan untuk memberantas narkoba pada wilayah yang dianggap sebagai zona merah peredaran narkoba,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya Kepala Kesbangpol M. Kahar Efendi, S.Sos, Pj. Camat Sei Rampah Rahmat Suhendra Damanik, S.STP, Forkopimcam Sei Rampah, para kepala desa, dan tokoh agama dan masyarakat. (MS8)