Ekonomi

Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia Menjembatani Mimpi Sang Penjual Bakso

mediasumutku.com| MEDAN- Berawal dari menjadi seorang karyawan di sebuah depot bakso di Kota Surabaya, Edi Sugeng Rianto (50) akhirnya memberanikan diri untuk memulai usahanya sendiri. Berbekal sebuah gerobak pada tahun 2010, ia akhirnya berkeliling di sekitar Kota Pahlawan untuk menjajakan bakso buatannya.

Perekonomian keluarga kemudian ditopang juga oleh istrinya yang kini menjual tahu magetan di depan SPBU Ketintang Surabaya. Usaha mereka berdua terbilang lancar, hingga dapat menghidupi juga kedua anaknya yang berusia 26 tahun dan 22 tahun, yang belum mendapatkan pekerjaan saat ini. Omzet bakso sendiri saja bisa mencapai Rp1 juta rupiah per hari.

Pendapatan tersebut menurun drastis manakala pandemi datang. Edi saat ini hanya berpenghasilan setengah dari yang ia dapatkan biasanya. Dari pukul 11.00 Wib hingga pukul 19.00 Wib ia keluar rumah, semata-mata untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari.

Sepuluh tahun berjalan dan meskipun melewati masa sulit saat ini, ia belum mengubur mimpinya untuk memiliki kios baksonya sendiri. Tak hanya itu, ia ingin membuka cabang-cabang dari usaha yang telah ia rintis 10 tahun lalu ini.

Untuk membantu kelancaran usaha Edi, Global Wakaf – ACT memberikan bantuan Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia (WMUMI).

“Senang sekali saya dengan adanya bantuan modal dari Wakaf Modal UMI,” ungkap Edi, Jumat (26/2/2021).

Ia berharap juga program tersebut dapat menjadi jembatan bagi mimpinya membuka kios sendiri.

Dipo Hadi Waskito dari Tim Global Wakaf – ACT Jawa Timur berharap, para dermawan dapat berpartisipasi dalam program ini sehingga para pelaku usaha kecil lainnya bisa menjalankan usahanya dengan lebih lancar dan tentunya lebih berkah.

”Kami sekaligus mengajak juga kepada para dermawan untuk membantu para pelaku usaha yang saat ini sedang kesulitan karena kendala permodalan. Melalui bantuan para dermawan sekalian di program Wakaf Modal UMI, mudah-mudahan kita bisa membantu meringankan beban mereka,” harap Dipo.(MS11)