Berita Sumut

Wanita di Asahan Ini Bongkar Modus Pura – Pura Meninggal Demi Mengelak Bayar Hutang

Asahan – Seorang wanita di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) berhasil membongkar modus rekannya yang merekayasa kabar meninggal dunia akibat terus ditagih hutang. Kisah itu viral setelah ditulis oleh akun media sosial Maya Gunawan di laman facebook miliknya dan telah dibagikan hingga ribuan kali.

Pada unggahan status yang dilihat wartawan pada Kamis (15/12/2022) melalui akun facebooknya, Maya menceritakan kejadian unik sekaligus aneh tesebut. Ia juga tak habis pikir harus sedih atau tertawa menyikapi kejadian tersebut hingga rekannya itu rela pura-pura meninggal demi mengelak membayar hutang.

“Enggak habis pikir saja, aku mau sedih apa ketawa di sini. Kronologisnya dia punya hutang itu totalnya itu Rp 4,2 juta di tanggal 20 November dan janji bayar tanggal 6 Desember 2022,” kata Maya saat ditemui wartawan di kediamannya.

Dijelaskannya, dirinya juga memang belum pernah bertemu dengan orang yang berhutang dengannnya itu dan hanya berkomunikasi secara online melalui group messenger. Maya merupakan admin group sebuah arisan online. Sementara orang yang diberikannya pinjaman hutang merupakan member arisannya.

“Dia orang Medan. Kami memang belum pernah jumpa, kenalnya di group online arisan. Sebelumnya ku tanya juga sama kawan yang merekomendasikan dia di group, karena ku pikir ini dia bisa dipercaya jadi ku kasi pinjaman,” kata Maya.

Saat tanggal jatuh tempo yang disepakati kata Maya, rekannya itu masih bisa dihubungi dan meminta tempo pelunasan diperpanjang hingga tanggal 10 Desember. Meski demikian, Maya tetap berbesar hati asalkan hutangnya dilunasi.

“Jadi, di tanggal 11 itu dapat informasi dari postingan anaknya di facebook akun Najwa Almira Ginting. Menyebutkan orang tuanya sudah meninggal karena kecelakaan dia. Di tulisnya disitu meninggal karena menabrak jembatan sungai dikebumikan di Aceh Tamiang, kampungnya di situ,” jelas Maya.

Maya mengatakan, saat mendengar kabar itu entah kenapa terbesit di dalam hatinya rasa tidak percaya dan menaruh curiga atas kabar tersebut. Dalam unggahannya akun facebook Najwa Almira Ginting juga menujukkan foto jenazah sedang terbaring diselimuti kain tampak seperti suasana di rumah sakit. Ada juga foto temannya dalam kondisi hidung sudah tersumpal kapas dan seperti memakai mukena.

“Ku telpon, diangkat sama suaminya. Aku minta video call dia enggak mau terus dimatikan. Aku makin curiga ku cari foto gambar tempat tidur jenazah itu ternyata sama persis ada di google,” kata dia.

Yakin jika kabar kematian tersebut hanya akal-akalan untuk mengelabuinya, Maya pun membagikan kisah tersebut di media sosial hingga viral dan telah dibagikan ribuan kali pengguna sosial media. (MS10)