Headline Hiburan Nasional

Whisnu Santika Terus Mengembangkan Kreativitas lewat Musik di Kala Pandemi

JAKARTA Situasi pandemi mempunyai dampak secara signifikan terhadap hampir semua bisnis, seperti industri makanan, fashion, perhotelan, bahkan musik. Bagi penggiat musik sendiri, strategi demi strategi perlu dikembangkan agar dapat terus mempertahankan citra musik di Indonesia yang sangat berpengaruh terhadap ‘sepak terjang’ sang musisi terhadap karya-karyanya di situasi sulit seperti ini.

Sangat tidaklah mudah untuk musisi atau produser musik di Indonesia untuk dapat bertahan di kondisi yang mewajibkan semua masyarakat untuk tidak lagi menikmati musik di luar rumah. Sehingga, para penggiat musik tanah air juga menjadi salah satu ‘korban’ yang terdampak.

Dalam menyikapi hal ini, produser musik dituntut lebih kreatif untuk menyajikan sesuatu yang dapat menunjang kegiatan masyarakat melalui musik dengan tetap berada di rumah secara asik dan menyenangkan.

Whisnu Santika, Disjoki dan Produser Musik di Indonesia dengan ragam karya #MusikTanpaBatas nya pun turut menjadi ‘korban’ terdampak adanya situasi sulit saat ini. Namun, visi Whisnu dalam terus memberikan karya yang menyisipkan kejutan di setiap produksinya diharapkan dapat menjadi bagian dari semangat masyarakat di kala pandemi, di 7 Juli 2021 kemarin, Whisnu Santika kembali merilis karya terbarunya yang berjudul Que Pasa.

Proses pembuatan hingga rilis lagu Que Pasa tidaklah serta merta mulus, khususnya setelah sukses membesut salah satu karyanya yang berjudul Chitty Chitty Bang! di tahun 2019 lalu sebagai alternatif lagu pengiring dan penghibur apapun aktivitas masyarakat Indonesia saat sebelum pandemi, untuk kemudian dapat menggairahkan kembali semangat musik dari para pendengar setianya di kala pandemi ini.

Banyaknya tantangan yang dihadapi penggiat musik di Indonesia saat pandemi tidak menyurutkan semangat para musisi, terlihat dari bagaimana para produser musik terus berkreasi untuk dapat memberikan lagu penyemangat beraktivitas saat tetap berada di rumah saja.

Di saat itu pula, Whisnu yang juga berjiwa nasionalis, sontak terpikir untuk dapat memberikan kontribusi lebih dari karya musiknya, dari sinilah Que Pasa tercipta. Sikap putus asa yang dimilikinya membuahkan ide kreatif untuk menciptakan musik dengan gaya Amerika Latin yang diadopsinya agar kelak menjadi warna baru dari berbagai jenis musik di Indonesia. (MS11)