Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
HeadlineKesehatanMedan

Wong Chun Sen Bagikan Masker dan Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan

×

Wong Chun Sen Bagikan Masker dan Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan

Sebarkan artikel ini

Mediasumutku.com | Medan : Antisipasi penyebaran virus Covid 19, Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PDI Perjuangan Drs. Wong Chun Sen Tarigan, M.PdB mengajak masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak terlalu banyak keluar rumah dan menghindari keramaian. Dihadapan dua ratus warga Kelurahan Pulo Brayan Darat I Kecamatan Medan Timur Kota Medan, Wong juga mengajak masyarakat jaga kesehatan.

Hal itu disampaikan Wong Chun Sen saat pelaksanaan Sosialisasi Perda No.4 Tahun 2012 Tentang Kesehatan Kota Medan, Minggu (22/3/2020) di Jalan Madio Santoso Medan. Pada Sosperda yang ke 3 Tahun 2020. Tema yang diusung dalam Sosialisasi Perda kali ini adalah “Edukasi Corona Virus Disease (Covid-19)”.

Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan ini menyampaikan, pemilihan tema ini disesuaikan dengan situasi yang ada saat ini, dimana wabah Corona yang melanda penjuru dunia termasuk di Indonesia membuat kita harus waspada. Wong juga menyampaikan bahwa hal ini harus disikapi dengan kewaspadaan dan selalu menjaga kebersihan.

Baca Juga:   OPD Ditekankan Percepatan Lima program Prioritas, Pelaksanaan Tender dan Segera Lakukan KAD Untuk Atasi Inflasi

“Sesuai data yang ada, untuk Indonesia saja hingga 21 Maret 2020, tercatat ada 450 kasus, 38 diantaranya meninggal dunia dan 20 dinyatakan sembuh. Jadi untuk itu dengan kegiatan ini warga semakin paham dalam menjaga kesehatan dan mengikuti imbauan agar menjaga jarak serta tidak keluar rumah dalam waktu yang ditentukan,” ujarnya.

Perda No 4 Tahun 2012 terdiri dari 16 BAB dan 92 Pasal. Pada BAB IV Pasal 10 dijelaskan, Pemerintah Daerah bertanggugjawab terhadap pengelolaan pelayanan kesehatan dasar, yang secara operasional dilaksanakan oleh Dinas melalui Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan UPT Dinas.

Pemerintah Daerah bertanggungjawab menyediakan SDM kesehatan, sarana, prasarana, obat dan vaksin dalam program penyelenggaraan dengan memperhatikan standar pelayanan kesehatan.

“Oleh sebab itu, pemerintah daerah sudah seharusnya melakukan tindakan pencegahan dengan langkah-langkah cepat agar penyebaran Virus Corona tidak sampai mewabah keseluruh lapisan masyarakat di Kota Medan, dengan menyediakan Alat Pembersih Diri (APD), masker, dan Hand Sanitizer dengan mudah dan mencegah kelangkaan terhadap barang-barang tersebut,” tandas Wong yang akrab disapa Tarigan.

Baca Juga:   PSMTI Sumut Serahkan Bantuan APD Ke Polsek Medan Baru

Kepada  warga masyarakat di Jalan Madiosantoso, Wong menganjurkan agar setiap warga menahan diri dulu agar tidak bepergian keluar rumah, selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta tidak panik terhadap virus Covid 19.

Sosperda ke-3 ini, Wong Chun Sen juga tenaga medis dari Rumah Sakit dr Pirngadi Medan. Pada kesempatan itu, dr Ahmad Aswar, SpP menyampaikan beberapa hal terkait virus Covid 19 dan upaya pencegahannya.

“Sebenarnya masalah virus Corona ini adalah penyakit yang berasal dari luar negara Indonesia, namun terbawa oleh warga Indonesia atau pendatang dari luar negeri yang bisa menular lewat sentuhan. Penyakit Virus Corona riskan menghantam orang yang telah memiliki riwayat penyakit bawaan seperti penyakit hepatitis, kanker, dan HIV AIDS,” kata Ahmad Aswar.

Baca Juga:   Zlatan Ibrahimovic Berlatih Bersama Klub Hammarby

Interaksi antara masyarakat dengan dokter terjadi karena keingintahuan mereka terhadap virus ini. Dokter yang sehari-hari bertugas di Rumah Sakit dr Pirngadi ini menghimbau masyarakat untuk sementara waktu beristirahat di rumah atau tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan penting.

“Karena, penyebaran virus lewat seseorang yang tidak di ketahui akan berakibat fatal bagi diri yang kebetulan tidak memiliki kekebalan tubuh yang kuat,” tandasnya.

Tim medis lainnya yang ikut dalam acara tersebut adalah dr Emi, Mujid dan F Hanim atau Cici. Di awal acara, semua peserta Sosper dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun, dan Wong Chun Sen juga membagikan masker kepada 200 orang peserta yang hadir dari berbagai latar belakang.