Sumut

World Clean Up Day, Masyarakat Diajak Berdayakan Sampah

mediasumutku.com| TEBING TINGGI- Walikota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan mengajak kepada masyarakat agar memanfaatkan sampah yang memiliki nilai ekonomis jika diproses atau didaur ulang.

Hal itu dikatakan Walikota Tebingtinggi saat menghadiri peringatan Hari Pembersihan Sedunia (World Cleanup Day) tahun 2020, di Kelurahan Pinang Mancung Lingkungan III Kecamatan Bajenis Tebingtinggi, Sabtu (19/9/2020).

Umar menegaskan,  world cleanup day adalah hari membersihkan lingkungan dari sampah.

“Kita melakukan pengumpulan sampah dan memilah sampah yang organik dan non organik. Supaya mudah dalam pengilahan sampah. Untuk itu, Kepada masyarakat diharapkan aktif menjaga kebersihan lingkungan,”katanya.

Menurut Walikota, kedepan tidak semua sampah harus masuk ke Tempat Pembuangam Akhir (TPA) sampah. Harus ada procesing sampah yang dilakukan oleh masyarakat dengan catatan bisa menjadi pembuatan pupuk organik dilingkungannya masing-masing ataupun adanya bank sampah yang bernilai ekonomis.

“Saat ini sampah bukan lagi menjadi beban, sampah memiliki nilai ekonomis jika dikemas dengan baik dan bisa menambah pendapatan keluarga. Bisa membayar listrik, tagihan air atau lainnya,” jelas Walikota

Hadir bersama walikota, Kadis Perkimsih Muhammad Hasbi Ashshiddiqi, Kadis Lingkungan Hidup Idham Khalid, Kadis Kominfo Dedi P Siagian, Camat Bajenis Dira Astama ,Trisna beserta Lurah dan Kepling dan Babinsa. (MS12)