Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
EkonomiHeadline

Wow, Mobil Esemka Edisi Perdana Meluncur

×

Wow, Mobil Esemka Edisi Perdana Meluncur

Sebarkan artikel ini

Boyolali, Mediasumutku.com – Yang ditunggu sekian lama, akhirnya muncul juga. Ya, mobil Esemka yang selama bertahun-tahun menjadi isu politik nasional akhirnya mulai menampakkan diri.

Adalah PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang akhirnya meresmikan pabriknya di Desa Demangan, Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, untuk memproduksi mobil-mobil Esemka.

Dalam pantauan detikcom di lokasi, Jumat (6/9/2019), deretan mobil Esemka berwujud pick-up berjejer rapi di dalam pabrik.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, mobil perdana Esemka adalah sebuah pick-up disapa Bima.

Mobil Esemka bernama Bima akhirnya resmi diluncurkan

Esemka Bima memiliki kelir putih di bagian bodi, sementara grille depannya dicat hitam. Dalam brosur tertera Esemka Bima dibekali mesin 1.2 L E-power 14 DOHC.

Mobil memiliki daya maksimum setara 72 kW dan torsi maksimum 119 Nm.

Baca Juga:   APSI Sergai Garda Terdepan Wujudkan Mutu Pendidikan

Baca juga: Esemka Menantang Mobil Produksi Jepang, India, Hingga China

Secara dimensi, Esemka memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm dengan karbo boks berukuran 2.750 mmx 1.600 mm x 460 mm.

Presiden Direktur PT SMK Eddy Wirajaya beberapa waktu lalu menyebut Esemka ini baru akan diperkenalkan pada wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya saja, demi menjamin kualitas aftersales.

“Esemka Bima Baru akan dipasarkan di Jawa Tengah sekitarnya. Dan saya rasa kita masih di Jawa tengah, Jawa Timur, Jawa Barat juga ada, agar masih bisa dikontrol bengkel rekanan kami,” katanya.

Untuk dealer, pihaknya sedang memproses dan saat ini masih dalam tahap pemilihan main dealer atau bekerjasama dengan siapa.

Baca Juga:   Atas Inisiasi Indonesia, G33 Sepakat Isu Ketahanan Pangan dan Pertanian Menjadi Paket Kebijakan di WTO

“Dan ini masih tik-tok’an (masih terus berhubungan),” tegasnya. (MS1/dtc)