Ekonomi

Agustus 2020, Kinerja Perbankan Meningkat

mediasumutku.com|MEDAN- Kinerja perbankan meningkat pada Agustus 2020. Hal itu, tercermin dari penyaluran dan risiko kredit yang membaik.

“Pertumbuhan kredit pada bulan Agustus sedikit lebih tinggi dari triwulan II 2020 diindikasi terkait dengan situasi ekonomi yang membaik pada fase normal baru,”kata Kepala Kantor BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, Kamis (8/10/2020).

Dikatakannya, untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat terutama didorong oleh giro pemerintah dan swasta yang membaik sesuai preferensi masyarakat yang diindikasi lebih memilih untuk menyimpan uangnya, ketimbang konsumsi.

“Sementara, risiko kredit juga relatif stabil dan dibawah batas 5%, didukung oleh program restrukturisasi kredit UMKM,”ujarnya.

Sedangkan berdasarkan lapangan usahanya, kinerja kredit juga membaik ditengah perlambatan kinerja kredit sektor utama lainnya.

“Perbaikan kinerja didorong oleh berlangsungnya fase normal baru sehingga aktivitas jual-beli mulai menggeliat dan respon pelaku usaha mulai optimis,”ujarnya.

Di sisi lain, risiko kredit juga membaik didukung oleh program restrukturisasi perbankan perbankan yang sangat agresif. (MS11)