Ekonomi

Baru 0,73 Persen Koperasi di Indonesia yang Miliki Halaman Website

mediasumutku.com| MEDAN- Kementerian Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah) mencatat baru sekitar 0,73 persen koperasi di Indonesia yang memiliki halaman website. Untuk itu, koperasi di Indonesia didorong agar terus memanfaatkan teknologi informasi salah satunya dengan Gerakan Inovasi dan Tranformasi Digital Koperasi.

Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop dan UKM Rulli Nuryanto mengatakan, salah satu target Kementrian Koperasi dan UKM ke depan adalah mengembangkan koperasi modern.

“Bagi saya salah satu tolak ukur ketika berbicara koperasi modern adalah mampu memanfaat teknologi informasi dalam kehidupan koperasi sehari-hari. Bisa jadi sudah banyak koperasi yang  bisa memanfaatkan teknologi informasi ini. Namun mungkin kita belum saling tahu,” katanya, Sabtu (10/10/2020).

Berdasarkan data hingga saat ini dari sekitar 123 ribu unit koperasi, yang sudah memiliki alamat website baru 900an koperasi atau 0,73 persen.

“Artinya, masih banyak PR (Pekerjaan Rumah) kita untuk mendorong koperasi-koperasi ini agar bisa masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital,” lanjutnya.

Gerakan Inovasi dan Tranformasi Digital Koperasi merupakan langkah yang strategis  karena melalui gerakan ini akan di launching sebuah portal yakni IDXCOOP. Portal ini sebagai rumah besar untuk koperasi saling berinteraksi berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi ini.

“Jadi portal ini nanti bukan hanya untuk saling berinteraksi, tapi juga bisa menjadi perpustakaan pengetahuan dan praktik-praktik terbaik dari koperasi-koperasi yang sudah berinovasi dan menerapkan digitalisasi dan teknologi informasi ini,” katanya,” pungkasnya (MS11)

Tinggalkan Balasan