Sumut

Dalam Sehari, Sampah Warga Asahan Capai 75 Ton Sampah

mediasumutku.com | ASAHAN –Dalam sehari, sampah warga Kabupaten Asahan  yang masuk ke Tempat Pembuangan Sampah (TPA) mencapai 75 ton. Ditambah lagi dengan momen Idul Fitri kemarin, jumlah sampah bisa meningkat hingga 80 ton dalam sehari.

“Kira-kira kenaikan 5 persen lah, jadi 80 tonan per hari,” kata Kepala Seksi Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Fadli saat di konfirmasi wartawan, Sabtu (29/5/2021).

Dikatakannya, selama hari raya Idul Fitri, Dinas Lingkungan Kabupaten Asahan tetap bekerja membersihkan sampah di Kabupaten Asahan hingga larut malam.

“Sampai jam 2 pagi kami melakukan pengutipan sampah. Tapi tidak ada menambah armada,” lanjutnya.

Amatan wartawan, sampah yang berada di TPA Kabupaten Asahan yang terletak di Sidodadi, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan mengular hingga keluar dari TPA hingga ke jalan perkebunan.

Pria yang mengaku sebagai penjaga TPA dan enggan menyebutkan namanya, sampah-sampah tersebut akan segera di angkut ke TPA.

“Ini akan segera di angkut,” ujar pria berkacamata dan berkaus hitam tersebut.

Ia beralasan karena sampah yang sudah menumpuk dan melebihi kapasitas. “Ini baru kami kerjakan. Tapi yang di luar belum karena alat kami lagi diperbaiki di Medan karena rusak,” pungkasnya. (MS10)