Pendidikan Sumut

Dua Pegiat Literasi di Asahan Lolos Magang Tingkat Nasional

mediasumutku.com | ASAHAN-Dua pegiat literasi asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) lolos seleksi mengikuti magang pegiat literasi Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (Dit. PMPK) Kemdikbud.

Keduanya ialah, Saufi Ginting pendiri Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Azka Gemilang yang berdomosili di Kelurahan Siumbut-umbut Kecamatan Kisaran Timur, dan Mulkan Hasanuddin pendiri Rumah Baca Anak Desa di Dusun II Sei Nangka Kecamatan Sei Kepayang Barat.

Istimewanya, Saufi dan Mulkan satu-satunya daerah yang meloloskan dua orang perwakilannya di kancah literasi nasional tersebut.

“Tujuan kegiatan ini, untuk memberikan bimbingan dan pengalaman nyata kepada para pegiat literasi tentang tata cara pengelolaan komunitas baca atau TBM dan pengelolaan program di komunitas baca/TBM untuk mendukung gerakan literasi nasional. Pegiat literasi adalah individu atau kelompok yang secara sukarela mengelola gerakan literasi di keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat,” kata Saufi Ginting kepada wartawan, Selasa (6/7/2021).

Magang Literasi adalah kegiatan untuk meningkatkan kapasitas para pegiat literasi yang dilakukan secara sistemasis yang pada proses pembelajarannya dilakukan secara terpadu untuk memberikan pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan mengelaborasikan teori dengan praktik di bawah bimbingan narasumber yang berpengalaman dalam mengelola TBM dan mengelola program literasi yang inovatif.

Magang pegiat literasi Nasional ini akan berlangsung pada tanggal 13-27 Juli di 10 lokasi yang telah ditentukan. Saufi dan Mulkan akan mengikuti kegiatan di TBM Lingkaran, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang,Sumut.

Keduanya dinyatakan lolos setelah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, diantaranya antara lain berusia 18-35 tahun, pengelola TBM/Komunitas aktif, dan mengirimkan essay tentang budaya.

“Ada 200 peserta yang akan mengikuti kegiatan Magang Pegiat Literasi Nasional ini, dan dibagi menjadi 20 orang peserta di 10 lembaga pelaksana yang ditentukan,” ujarnya.

Saufi berharap dengan mengikuti kegiatan ini, jejaring literasi semakin luas serta bertambahnya pengetahuan-pengetahuan baru terkait literasi, serta dapat diterapkan untuk menggerakkan dan menggembirakan literasi negeri di Kabupaten Asahan.

Untuk diketahui, adapun 10 lembaga penyelenggara Magang Penggiat Literasi tahun 2021 yakni, di Sumatera Utara berada di TBM Lingkaran, Deli Serdang. Kemudian di Pelalawan-Riau ada di TBM Riau Berkarya. Daerah lainnya adalah Rumah Dunia, Serang-Banten, Rumah Baca Ujung Berung, Bandung-Jawa Barat, TBM Rumah Belajar Ilalang, Jepara-Jawa Tengah, Rumah Asa Yogya, Yogyakarta-DI Yigyakarta, Baloy Aksara, Tarakan-Kalimantan Utara, TBM Sakila Kerti, Tegal-Jawa Tengah, SKB Janeponto, Janeponto-Sulawesi Selatan, dan TBM Relasi Community Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. (MS10)