Ekonomi

SRO, BEI dan OJK Soft Launching Sistem e-IPO

mediasumutku.com|MEDAN-BEI bersama dengan OJK dan SRO telah melakukan soft launching Sistem Electronic Indonesia Public Offering (e-IPO) atau sarana yang dapat membantu proses Penawaran Umum Perdana agar menjadi lebih efisien, efektif, dan transparan melalui pendekatan sistem, Selasa (11/8/2020).

Sekretaris Perusahaan KPEI, Reynant Hadi mengatakan, melalui Kepala BEI Sumut, Pintor Nasution, sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kemudahan akses investor untuk berpartisipasi dalam lasar perdana baik mulai dari tahap pembentukan harga sampai penawaran umum, serta meningkatkan kepercayaan investor terhadap proses Penawaran Umum dan harga Initial Public Offering (IPO).

“Dengan adanya e-IPO, investor yang ingin membeli saham IPO dapat langsung mengakses situs https://www.e-ipo.co.idatau melalui Partisipan Sistem e-IPO yang telah terdaftar,”ujarnya.

Dia bebrharap, investor dapat berpartisipasi dengan mudah dalam seluruh Penawaran Umum. Selain itu BEI juga meluncurkan IDX Virtual Trading, yaitu perangkat dan alat simulasi trading sebagai sarana edukasi yang dapat digunakan oleh calon investor sebelum menjadi investor, serta untuk meningkatkan jumlah investor di Pasar Modal yang merata di semua wilayah di Indonesia.

“Pada kesempatan ini juga BEI meluncurkan indeks baru yakni Indeks IDX Quality 30 yaitu indeks yang berbasis faktor kualitas fundamental perusahaan. Indeks IDX Quality30 diharapkan dapat digunakan oleh investor sebagai panduan untuk berinvestasi, dan sebagai landasan acuan bagi penyusunan produk-produk pasar modal lainnya, seperti Reksa Dana, ETF, serta produk-produk derivatif lainnya,” ujarnya.(MS11)