Sumut

Terorisme dan Radikalisme Masih Jadi Persoalan Serius dan Wajib Diantisipasi

mediasumutku.com | ASAHAN-Terorisme dan radikalisme di Indonesia masih menjadi masalah serius walaupun sudah banyak pelaku teror yang berhasil ditangkap dan diproses hukum, serta sel-sel dan jaringan teroris yang dihancurkan.

“Untuk itu, setelah mengikuti kegiatan ini masyarakat memahami hakikat dan bahaya dari paham radikalisme dan terorismen dan kita dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengantisipasi dan menanggulanginya,” kata Kepala Bidang Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Provinsi Sumatera Utara, Budianto Tambunan, pada acara sosialisasi pencegahan Bahaya Radikalisme dan Terorisme yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) bekerjasama dengan Kesbangpol Kabupaten Asahan di Kisaran, Kamis (10/6/2021).

Budianto berharap, setelah mengikuti kegiatan ini masyarakat memahami hakikat dan bahaya dari paham radikalisme dan terorismen dan kita dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengantisipasi  dan menanggulanginya.

Bupati Asahan melalui staf ahli Edi Sukmana mengatakan, dalam menangkal radikalisme yaitu mosi tidak percaya dan meragukan pancasila sebagai dasat negara, dan mengkritis Pemerintah bahkan menentangnya dan menyerang tokoh nasional.

“Untuk itu diharapkan kepada OPD terkait yang memiliki tupoksi terkait pencegahan radikalisme dan terorisme agar terus meningkatkan kinerja serta tidak lelah dan bosan menjalankan tugasnya,” kata dia.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Asahan Harry Naldo Tambunan, Ketua Institut For Culture and Radikalism Studies Dr. Zulkarnain Nasution,  Ikhwan Ustadz Zumiran (MS10)

Tinggalkan Balasan