Bermartabat

Wujudkan SDM Unggul, Unimed-Polda Sumut Teken MoA

mediasumutku.com | MEDAN – Guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, Universitas Negeri Medan (Unimed) menandatangi nota perjanjian kerjasama
Memorandum of Agreement (MoA) dengan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut)
Nota perjanjian kerjasama
MoA itu di tandatangani
Wakapoldasu Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto dan Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes, pada 15 November 2019 di Aula Tri Barata Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja Km 9,5 Medan.
Kegiatan ini dihadiri, Karo Jianstra SDM Polri Brigjen Pol Subyanto, PJU Polda Sumut dan Wakil Rektor IV USU Prof Dr Bustami Syam ME serta para pejabat jajaran Polda Sumut.
Polda Sumut juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) dan UMSU yang dihadiri  Rektor UMSU Dr Agussani MAP.
Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto dalam sambutannya menyebutkan, nota perjanjian kerjasam MoA ini sesuai dengan visi Presiden RI Joko Widodo menjadikan SDM Unggul, untuk mewujudkan Indonesia Maju.
“Harus diwujudkan pengembangan pendidikan, teknologi dan informasi sehingga meningkat mutu pelayanan kepada masyarakat. Dalam penguatan tersebut, Polri butuh bekerjasama dengan Perguruan Tinggi,” ungkap mantan Kapolrestabes Medan itu.
Untuk itu, Mardiaz berharap, melalui nota kesepahaman ini, kedua belah pihak bisa melakukan pertukaran data, sekaligus menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, penelitian, penyediaan tenaga ahli, pemanfaatan sarana dan prasarana hingga pada lingkup pengabdian kepada masyarakat.
“Selain itu perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat membawa kebaikan kepada kedua belah pihak dalam mewujudkan sinergitas Polri dan perguruan tinggi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan kompetensi sumber daya manusia. Perguruan Tinggi diharapkan mampu mencegah, memerangi narkoba dan radikalisme,” jelasnya.
Sementara itu, Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKe mewakili para rektor menyampaikan bahwa Unimed, USU, dan UMSU siap untuk bekerjasama dengan kepolisian untuk menciptakan daya pendidikan dan pelatihan yang baik bagi masyarakat khususnya mahasiswa. “Kita berharap agar perjanjian nota kesepahaman kerjasama ini dapat meningkatkan sumber daya manusia yang unggul,” ujar Dr Syamsul Gultom.
Sementara Karo Jianstra SDM Polri Brigjen Pol Subyanto
menambahkan bahwa Polri juga melakukan upaya pencarian SDM Polri yang unggul melalui sistem rekrutmen kesejumlah sekolah unggulan dari perguruan tinggi, sehingga terciptanya peningkatan kualitas SDM unggul.
“Diharapkan penandatanganan nota kesepahaman ini bisa menjadi program berkelanjutan dan dapat di implementasikan dalam kerjasama nyata sebagai partisipasi dalam membangun bangsa dan menjadi payung hukum yang didasari oleh keinginan bersama,” harapnya.(MS8)