Kesehatan Sumut

Yayasan IPB Serahkan Bantuan Alat Kesehatan penanganan Covid di Labuhanbatu

LABUHAN BATU – Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, menerima bantuan alat kesehatan dari Yayasan Indonesia Pasti Bisa (IPB) untuk Labuhanbatu Raya. Penyerahan bantuan diserahkan Vihara Budha Jayanti Rantau Utara, untuk penanganan Covid19, Jumat (20/8/2021).

Penyerahan bantuan alat kesehatan secara simbolis ini diserahkan Eddy Lim atau yang sering disapa Achun, Kapolres Labuhanbatu dan Dandim 0209/LB, berupa alat pelindung diri, obat-obatan, masker, bantuan pernapasan oksigen, regulator, generator, oxymeter dan lainnya.

Bantuan langsung ke masyarakat dan pinjam pakai sejumlah alat kesehatan tersebut juga dilakukan melalui masing-masing Dinas Kesehatan di Labuhanbatu Raya.

Informasi yang dihimpun, bantuan yang disalurkan itu kurang lebih sekitar hampir Rp 5 miliar dari Indonesia Pasti Bisa (IPB) yang salah seorang pengurusnya adalah owner aplikasi pengiriman paket Sicepat yang juga asli putra daerah Rantauparapat, Kabupaten Labuhanbatu.

“Alhamdulillah, kita di wilayah Labuhanbatu Raya mendapatkan perhatian khusus dari teman teman Indonesia Pasti Bisa. Ini adalah salah satu LSM dari Jakarta yang menyalurkan bantuan untuk penanganan Covid 19. Jadi mereka mengirimkan ke daerah dalam bentuk alat kesehatan. Ini dropping awal dan akan dilanjutkan dengan dropping berikutnya,” ucap Kapolres.

Bantuan ini, sambung Kapolres sudah dikomunikasikan juga diawali dengan rapat-rapat pendahuluan yang juga diikuti oleh kepala daerah. Jadi bantuan ini akan didistribusikan melalui dinas kesehatan masing masing kabupaten, yakni Labuhanbatu, Labura dan Labusel.

“Kami juga dari Polres dan dari Kodim ikut juga membantu mengawasi dan juga mendistribusikan untuk memastikan agar bantuan yang disalurkan oleh Indonesia Pasti Bisa tepat sasaran,” sebutnya.

Menurut Kapolres, bantuan tersebut diantaranya kasur untuk ruang isolasi, oksigen tabung, vitamin, obat obatan, masker, rapid antigen, oxymeter, APD.

“Bahkan dari pihak donatur juga menyiapkan ambulan, dokter yang ada di Jakarta. Bahkan jika daerah kesulitan dalam anggaran, mereka juga siap untuk menyiapkan makan di titik isolasi terpadu,” tandasnya.

Di sisi lain, Kapolres juga mengimbau agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas. (MS10)