Pendidikan

13 Instansi Terima Program Magang Kampus Merdeka Mahasiswa STMIK Royal Kisaran

Asahan – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Kisaran melaksakan acara pelepasan mahasiswa magang tahun 2022 di kampus setempat, Jumat (9/9/2022). Mahasiswa/i yang akan ikut program itu, dilepas ke 13 instansi / perusahan / dunia usaha.

Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pada Pasal 18 disebutkan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan, yaitu mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam program studi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar.

Kemudian, mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi.

Wan Mariatul Kifti, SE, MM selaku Ketua STMIK Royal Kisaran kepada wartawan menuturkan Melalui Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk satu semester menempuh pembelajaran di luar program studi pada Perguruan Tinggi, yaitu melalui program Magang di Instansi, BUMN, BUMD, Perusahaan swasta.

“Kegiatan magang ini merupakan bagian dari Merdeka Belajar – Kampus Merdeka serta merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja,” kata ketua STMIK Royal Kisaran.

Adapun, mahasiswa STMIK Royal Kisaran nantinya akan mulai magang pada tanggal 12 September 2022 hingga 6 bulan ke depan.

Adapun lokasi magang mahasiswa tahun ini yaitu, BPS Kabupaten Asahan, Imigrasi Kelas II Tanjung Balai, KPKNL Kabupaten Asahan, KPP Pratama Kabupaten Asahan, BPOM Tanjung Balai, PDAM Tirta Silau Piasa, ASD Seed Garden, Bank Syariah Indonesia, Jasa Raharja Kabupaten Asahan, PT Padasa Teluk dlDalam, PT Pos Kisaran, PT SNI dan Singapore Land Batu Bara. (MS10)