Headline Kesehatan Sumut

Ada 246 TKI Baru Pulang Dari Malaysia, Disnaker Sumut Lacak Keberadaan TKI Sumut itu

Mediasumutku.com | Medan – Ada 246 tenaga kerja Indonesia atau TKI yang telah kembali dari Malaysia. Saya baru dapat kabar dari Labura atau Labuhanbatu Utara. Keberadaan TKI itu sedangkan dilacak pihak Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara.

Demikian hal yang dikatakan Kepala Dinas Tenaga Kerja atau Kadisnaker Sumut Harianto Butarbutar saat ditemui wartawan di rumah dinas Gubernur Sumut, Kamis (26/3/2020).

Menurut Harianto, keberadaan para TKI ini sedang dicari keberadaannya. Pihaknya bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota untuk menemukan para TKI yang baru pulang itu.

“Sudah kita sebarkan datanya ke masing-masing kabupaten/kota, jadi tugas kabupaten/kota mencari. Kita harapkan juga mereka melaporkan diri sendiri,” jelas Harianto.

Kita sudah dapat data ada 246 orang tersebar di kabupaten/kota. Begitu kembali, mereka tidak mau mengisolasi diri. Bahkan untuk melaporkan diri bahwa telah kembali ke daerahnya aja tidak mau,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Harianto.

Untuk itu, pihak Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Riadil Akhir Lubis sebelumnya menyebutkan adanya banyak orang dalam pemantauan (ODP) Corona yang tak patuh untuk mengisolasi diri secara mandiri. Saat ini, Gugus Tugas sedang membahas langkah hukum bagi yang membandel.