Headline Sumut

Akhyar Nasution: Jangan Takut Konsumsi Ikan dan Hasil Laut

mediasumutku.com | MEDAN – Terkait bangkai Babi menteror sejumlah daerah di Sumut dan Medan sekitarnya, Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengajak warga Kota Medan untuk mengkonsumsi ikan dan hasil laut lainnya. Itu disampaikan Akhyar saat menghadiri kegiatan makan ikan bersama di halaman parkir dalam Pasar Cemara Medan, Senin (25/11/2019).

Acara itu dibuat untuk mensosialisasikan bahwa ikan yang dijual di Medan, aman dari pencemaran virus Hog Cholera (Kolera Babi). Penyebaran Kolera Babi ini menjadi pembahasan penting beberapa pekan terakhir. Itu karena masyarakat khawatir ikan-ikan mengkonsumsi bangkai babi terjangkit Kolera Babi yang dibuang di sejumlah sungai di Medan.

“Ikan yang dijual di pasaran merupakan ikan yang aman dan layak kita konsumsi. Ikan yang dijual merupakan ikan yang berasal dari tengah laut artinya ikan tersebut aman untuk dikonsumsi,” kata Akhyar.

Menurut Akhyar, ikan yang berada di pasaran aman tidak terkena virus Kolera Babi seperti yang saat ini dirisaukan warga. Sebab ikan yang ada di pasaran berasal dari laut tengah sehingga aman dari sesuatu yang menjijikan.

“Marilah kita makan ikan, karena dengan makan ikan anak-anak dapat tumbuh berkembang dengan penuh gizi, sehat serta cerdas,”ajak Akhyar.