Kesehatan Sumut

Kader di Labusel Bentuk Rumah JKN – KIS Sebagai Wadah Informasi Warga

Labuhanbatu Selatan – Kader JKN merupakan mitra BPJS Kesehatan yang berperan penting dalam mendukung jalannya Program JKN-KIS dalam hal menjangkau masyarakat yang sulit untuk mendapatkan akses informasi, pendaftaran, serta pembayaran iuran bagi peserta JKN-KIS.

Sejalan dengan hal tersebut, salah satu Kader JKN-KIS di Kecamatan Silangkitang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan bernama Prayetno membentuk Rumah JKN-KIS sebagai wadah informasi dan layanan layaknya kantor BPJS Kesehatan.

“Rumah JKN-KIS ini bisa sebagai wadah informasi dan layanan JKN-KIS. Seperti mini kantor BPJS Kesehatan namun tetap sesuai tugas saya sebagai Kader JKN dan tidak menganggu kerja jejaring Kader JKN yang juga bertugas di Rumah JKN-KIS tersebut,” tutur Prayetno pada kegiatan peresmian Rumah JKN-KIS, Jumat (14/1/2022).

Kepada wartawan, Prayetno mengaku bahwa inisiatifnya membuat Rumah JKN-KIS adalah untuk membantu masyarakat yang tinggal di Kecamatan Silangkitang untuk mendapatkan informasi ataupun pelayanan terkait Program JKN-KIS.

“Alhamdulillah diberikan izin oleh pihak BPJS Kesehatan. Kalau tugas saya sebagai Kader JKN hanya datang ke rumah warga binaan saya saja. Sedangkan kalau saya buat di rumah, masyarakat yang bukan warga binaan dan yang belum jadi peserta JKN-KIS juga bisa datang untuk bertanya atau dilayani pendaftaran dan pembayaran iurannya,” ungkap Prayetno.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai Lenny Marlina T.U. Manalu mengapresiasi inovasi yang dibuat Prayetno selaku Kader JKN dengan menyediakan tempat untuk membantu masyarakat mengakses informasi dan layanan JKN-KIS.

“Kita sangat membutuhkan Kader JKN sebagai perpanjangan tangan BPJS Kesehatan, khususnya di daerah sulit akses seperti Kecamatan Silangkitang ini yang letaknya cukup jauh dari kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Selain itu, akses untuk kesini juga tidak mudah karena sudah termasuk area perkebunan. Kita juga semakin terbantu dengan adanya Rumah JKN-KIS ini,” imbuh Lenny.

Lenny berharap Rumah JKN-KIS tersebut dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan kemudahan akses kanal pembayaran iuran JKN-KIS, serta membantu masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta Program JKN-KIS untuk mendaftar ke dalam program tersebut. (MS10)