Pendidikan

Lima Wakil Rektor USU Periode 2021-2026 Dilantik

mediasumutku.com|MEDAN-Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU, Nurmala Kartini Pandjaitan, melantik lima wakil rektor USU di Gelanggang Mahasiswa USU, Selasa (9/3/2021).

Kelima Wakil Rektor USU tersebut diantaranya, Edy Ikhsan (Wakil Rektor USU I) Muhammad Arifin Nasution (Wakil Rektor II) Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan (Wakil Rektor III), Opim Salim Sitompul (Wakil Rektor IV) dan Luhut Sihombing (Wakil Rektor V). Kelimanya menjabat untuk periode 2021-2026 mendampingi Rektor USU Muryanto Amin. Dari kelima Wakil Rektor itu, hanya Luhut Sihombing yang tetap menjabat. Di masa Rektor USU Runtung Sitepu, Luhut juga menjabat di posisi yang sama.

Turut hadir pada pelantikan wakil rektor, Rektor USU, Muryanto Amin, Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution dan jajaran USU lainnya.

Pada pelantikan tersebut, Ketua MWA USU, Nurmala Kartini Pandjaitan meminta, kepada para wakil rektor yang baru dilantik untuk bekerja lebih keras dalam membangun USU.

“Kita harapkan dapat membawa USU semakin baik ke depannya. Mari bekerjasama membawa USU menjadi lebih baik lagi,” kata Nurmala.

Dikatakan Nurmala, USU merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara. Untuk itu, dia berharap USU tidak hanya berkompetisi secara internal, tapi saatnya berkompetisi secara internasional.

Dia mengingatkan, keragaman dan perbedaan berpikir sivitas USU harus membawa kemajuan USU.

”Jangan habiskan energi saudara hanya untuk membahas perbedaan di lingkungan USU. Perbedaan yang ada di lingkungan USU merupakan warna dan kekuatan bagi USU menghadapi persaingan global. Rektor dan para wakil rektor harus menjadi dream Tim menjawab tantangan ini,” tegasnya.

Kendati telah banyak prestasi di bidang pendidikan yang ditorehkan USU, namun, sambungnya, semua harus terus berjuang guna menjawab beragam tantangan. Termasuk meningkatkan sumberdaya manusia, yang ada di USU. Sebab, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dibendung kecuali menyongsongnya.

“Saya optimis rektor bersama para wakil rektor dan seluruh sivitas akan mampu membawa USU masuk tataran universitas kelas dunia,” ucap Nurmala.

Sementara itu, Rektor USU, Muryanto Amin menyebutkan, pemilihan wakil rektor mempertimbangkan berbagai aspek termasuk pengalaman dan keterwakilan banyak pihak.

“Jadi, sekarang sudah tidak ada lagi like or dislike, sekarang sudah saatnya membangun. Untuk itu, mari kita singkirkan perbedaan yang ada dan dama-sama melakukan pembangunan di USU,” ujarnya.

Dia berharap, setelah dilantik, para wakil rektor dapat bekerja sesuai dengan kompetensinya dengan mengutamakan digitalisasi kampus. Selain itu, para wakil rektor diharapkan dapat mendukung pelaksanaan program kampus merdeka.

“Selain memprioritaskan pada perbaikan infrastruktur, kita sedang fokus mempersiapkan pelaksanaan kampus merdeka dan digitalisasi kampus. Banyak hal yang harus dilakukan terkait dua hal tersebut. Kalau nanti sudah terealisasi, maka mahasiswa bisa belajar sesuai dengan prodi yang diinginkan,”pungkasnya. (ms7)