Headline Pendidikan

Melihat Wajah Gembira Anak-anak Saat HUT HIMPAUDI

Medan, Mediasumutku.com– Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), termasuk cabang Provinsi Sumatera Utara, berulangtahun ke 14 pada hari Selasa (17/9/2019). Hj Nawal Edy rahmayadi sebagai Bunda PAUD menggelar acara yang sederhana di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan.

Yang membuat menarik, kegiatan itu digekar dengan menyertakan ratusan anak dari berbagai lembaga PAUD. Dalam acara yang digelar Selasa pagi itu, terlihat jelas wajah cerah dan ceria dari ratusan wajah anak dari berbagai lembaga PAUD di Kota Medan.

Mereka tampak bergembira bersama, bernyanyi. Bahkan mereka menampilkan sejumlah tarian tradisional. Hj Nawal Edy Rahmayadi bahkan menggelar sejumlah kuis kecil dan sederhana kepada anak-anak. Ia langsung berinteraksi dengan cara tanya jawab ke anak-anak.

Bunda PAUD Privinsi Sumatera Utara Hj Nawal Edy Rahmayadi menggelar kuis interaktif dengan nuansa ceriakepada anak didik PAUD saat ulangtahun ke-14 HIMPAUDI, Selasa (17/9/2019)

Acara itu bertemakan “Gemar Makan Ikan dan Cinta Laut untuk Cegah Stunting dan Membangun Cinta NKRI” dan berlangsung santai dan meriah hingga akhir. Hadir Ketua TP PKK Sumut yang juga Bunda PAUD Sumut Nawal Edy Rahmayadi, Ketua HIMPAUDI Sumut Aminah Yunus Rasyid, ketua dan anggota HIMPAUDI kabupaten/kota se-Sumut, anggota Dharma Wanita dan TP PKK Sumut.

Nawal Edy Rahmayadi mengapresiasi pemilihan tema yang diangkat dalam peringatan HUT tersebut. Katanya, hal itu membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya stunting sekaligus ajakan untuk memerangi stunting.

“Sebagai perwakilan orangtua, kita juga harus turut memperhatikan gizi anak-anak PAUD yang kita didik. Sosialisasi gemar makan ikan harus gencar dilakukan juga diinformasikan kepada para orang tua. Sehingga, tak ada yang namanya gagal tumbuh karena kekurangan gizi,” ujar Nawal.

Untuk memerangi stunting, Nawal menceritakan bahwa beberapa bulan lalu dirinya bersama salah satu perusahaan ojek daring meluncurkan program bernama Fight Againts Stunting yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat melalui konten-konten kreatif.

“Saya berharap HIMPAUDI Sumut juga akan mengeluarkan terobosan-terobosan untuk memerangi stunting. Saya harap HIMPAUDI di kabupaten/kota agar bersinergi dengan TP PKK di kabupaten/kota masing-masing. Dengan bekerja sama pekerjaan akan lebih mudah dan ringan,” jelasnya.

Nawal kemudian mengucapkan selamat atas peringatan HUT HIMPAUDI. Peringatan HUT ditandai dengan pemotongan kue oleh Bunda PAUD Sumut Nawal Edy Rahmayadi didampingi Ketua HIMPAUDI Aminah Yunus Rasyid. Kemudian, dilanjutkan dengan acara hiburan berupa penampilan senam ratusan anak-anak PAUD.

Bunda PAUD Provinsi Sumatera Utara Hj Nawal Edy Rahmayadi berfoto bersama anak-anak PAUD saat ulangtahun ke-14 HIMPAUDI

Sebelumnya, Ketua HIMPAUDI Sumut Aminah Yunus Rasyid mengatakan bahwa untuk memerangi stunting dan kurang gizi, HIMPAUDI Sumut telah mengadakan perjanjian kerja sama antara Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia untuk menggalakkan program nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN).

“Kepada Bunda PAUD kami ucapkan terima kasih atas bimbingan dan arahan yang selama ini kami terima, semoga harapan-harapan Bunda untuk memerangi stunting di Sumut bisa terwujud, salah satunya melalui aksi-aksi yang dilakukan oleh HIMPAUDI Sumut,” ucapnya.

Salah satu perwakilan HIMPAUDI kabupaten/kota yakni Penasehat Pengurus Daerah HIMPAUDI Asahan Safaruddin Nasution menyampaikan bahwa mereka siap menyahuti arahan Bunda PAUD Sumut untuk berkordinasi dengan TP PKK Asahan dalam memerangi stunting.(MS1/MS1)