Religi

Pemkab Asahan Siapkan 8.200 Bungkus Daging Kurban

Asahan – Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Asahan melakukan penyembelihan hewan kurban hari ini di alun – alun Kisaran, Minggu (10/7/2022).

Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Asahan, menyumbangkan hewan kurba lembu maupun kambing yang penyembelihannya dilakukan terpusat.

Data yang diterima dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan, total hewan kurban yang disembelih Pemkab Asahan ini sebanyak 126 ekor. Terdiri dari 101 ekor sapi dan 25 ekor kambing.

“Total hewan kurban yang akan disembelih Pemkab Asahan berjumlah 125 ekor dan jika dihitung itu nanti bisa mencapai 8.200 bungkus lebih daging yang bisa dibagikan ke masyarakat,” kata Kepala Bidang Media Dinas Kominfo Asahan, Arbin Tanjung kepada wartawan.

Nantinya, pendistribusian daging kurban akan mayoritas disalurkan untuk masyarakat di dua kecamatan yakni Kisaran Barat dan Timur. Serta mereka yang berhak menjadi penerima.

“Seluruh hewan kurban yang masuk ini juga mendapatkan pengawasan dan pemeriksaan dari Satgas PMK untuk memastikan seluruh hewan kurban sebum disembelih sehat dan bebas PMK,” tambahnya.

Sementara Bupati dan Wakil Bupati Asahan bersama ribuan umat muslim lainnya di kota Kisaran melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Achmad Bakrie Kisaran. Bertindak sebagai imam
Alhafidz H. Eddy mulyadi dan khatib Ahmad Qosim Marpaung.

Dalam tausiahnya khatib salat Idul Adha merefleksikan kembali peristiwa penting di Idul Adha diantaranya ibadah haji, puasa Arafah, salat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban.

“Dalam semua ibadah tersebut terdapat nilai-nilai sosial kemanusiaan, karena semuanya mengajarkan untuk mencintai sesama, saling menolong, dan saling memberi, dan persamaan derajat sehingga muaranya akan dapat mengokohkan semangat rukun dan keberkahan hidup kita,” pesannya. (MS10)