Headline Politik Sumut

Pilkada 2020, Partai Gerindra Sumut Siap Majukan Kadernya

Medan, Mediasumutku.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Sumatera Utara pada pemilihan calon anggota legislatif (Caleg) tahun 2019 ini cukup berbangga karena mengalami peningkatan jumlah Caleg yang lolos masuk ke DPRD di tingkat kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

Partai bentukan Prabowo Subianto ini mengalami peningkatan 70 persen caleg pendatang baru, sedangkan sisanya 30 persen merupakan wajah lama yang kembali mengisi kursi DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota pada pemilihan serentak 17 April 2019 lalu.

Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sumatera Utara Gus Irawan Pasaribu merasa berbangga karena dari 70 persen caleg yang lolos ke DPRD Kabupaten dan Kota di Sumut, pada umumnya para pendatang baru yang akan mengisi kursi di DPRD tingkat kabupaten dan kota di Sumut.

“Anggota Dewan kami yang 136 di kabupaten/kota (meningkat dari tahun sebelumnya), juga meningkat dari 13 (anggota DPRD) menjadi 15 di provinsi, 70 persen adalah new cumer, pendatang baru. Jadi kurang lebih 30 persen saja yang incumbent duduk lagi,” kata Gus Irawan pada pembekalan seluruh caleg terpilih Partai Gerindra pada pileg 2019, yang berlangsung di Hotel Madani Medan, Jumat (9/8/2019).

Ketua Komisi 7 DPR DRI RI ini mengatakan, pembekalan terhadap caleg terpilih yang dilakukan DPD Partai Gerindra Sumatera Utara ini bertujuan untuk mengenalkan para caleg terpilih untuk nantinya dapat memainkan peran sesungguhnya di lembaga DPRD.

“Jadi intinya adalah untuk memberikan pemahaman kepada anggota dewan (terpilih) kami,” ujarnya.

baca juga : Jokowi, Jatah Menteri PDIP dan Sinyal ‘Bandel’ Periode Kedua

Terkait keikutsertaan kader Partai Gerindra pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 di 23 kabupaten/kota di Sumut. Menurutnya, Partai Gerindra juga akan mengusung calonnya sendiri, terutama pada beberapa daerah yang menjadi lumbung suara Partai Gerindra.

“Secara keseluruhan sesungguhnya kami ingin mengusung kader internal, perioritasnya adalah kader internal yang tentu saja siap. Di beberapa daerah kami bisa mengusung sendiri, namun meskipun begitu untuk menambah kekuatan kami tentu membangun komunikasi politik dengan partai-partai lain untuk bersama mengusung calon secara bersama-sama,” ungkap Ketua Komisi VII DPR RI.

Dikatakan Gus Irawan, Pada pilkada 2020, pihaknya berkeyakinan akan mengusungkan kader Gerindra untuk maju bertarung baik untuk posisi kepala daerah maupun wakil kepala daerah.

“Kalau ada kader kami yang siap, dan kursi kami cukup untuk mengusung (calon kepala daerah), kami tentu akan lebih memilih di posisi nomor satu. Tapi tentu kami harus realistis pula kalau kursi kami tidak cukup atau kader kami belum siap, minimal kita akan tempatkan kita di posisi kedua,” pungkas Gus Irawan. (MS2/MS2)

baca juga : Empat Skema Tukar Guling Aset Untuk Ibukota Baru