Ekonomi Headline Pemprov Sumut Perkebunan & Pertanian Sumut

Wagubsu Ingin Wisata Kebun Teh Sidamanik dikelola dengan baik

Mediasumutku.com | SIMALUNGUN – Potensi lahan Provinsi Sumatera Utara yang subur dan alam yang asri bisa meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan serta bisa berkontribusi besar dalam peningkatan perekonomian Sumut. Adapun komoditas unggulan yakni kelapa sawit, karet, kopi, coklat dan teh.

Selain fokus pada hasil produksi komoditas unggul, ternyata ada sisi potensi lain dari perkebunan yang perlu digali, salah satunya adalah aspek wisata.

Demikian hal ini diutarakan Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu)H. Musa Rajekshah saat mengunjungi Pabrik Teh PTPN IV, Unit Bah Butong Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun, Minggu (19/7/2020).

“Sektor wisata kebun teh ini menjanjikan, begitu pula dengan proses pembuatan teh di pabrik. Kegiatan ini bisa menjadi potensi wisata dan mengedukasi para generasi muda kita mengenal sejarah perkebunan teh dan bangga bahwa kita punya teh asli Sumut,” ujar Wagubsu.

Dengan mengemas menjadi wisata ini maka secara tidak langsung telah membantu meningkatkan promosi komoditas teh Sumut dan membantu perekonomian masyarakat lokal di sekitar perkebunan, sebut Wagubsu.

“Tadi saya juga mengunjungi Air Terjun Bah Biak yang ada di areal perkebunan Sidamanik, ini bisa menjadi salah satu aspek wisata yang bisa kita jual,” tuturnya.

Sebelumnya, Wagubsu bercerita bahwa rombongan delegasi Maroko yang pernah berkunjung ke Pabrik Teh PTPN IV mengaku terkesan dengan keindahan Kebun Teh Sidamanik, serta teh yang dihasilkan.

Semoga ke depan, Wagubsu berharap lebih banyak lagi turis mancanegara yang datang dan berkunjung. Marilah bersinergi dan memaksimalkan potensi-potensi yang ada, ujar Wagubsu.

General Manager Distrik II PTPN IV Wispramono Budiman menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus rasa hormat kepada Wagubsu Musa Rajekshah dan rombongan yang telah datang berkunjung. Pihak PTPN, Setuju dengan Wagubsu, aspek wisata merupakan salah satu potensi yang tidak boleh dilupakan,

“Selain dari sisi perkebunan, tugas kami sebagai karyawan BUMN, sektor wisata yang bisa menjadi roda penggerak ekonomi lokal juga menjadi perhatian kami.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan dukungan dari berbagai pihak baik Pemkab Simalungun dan Pemprovsu untuk bersinergi agar sektor wisata ini tertata dan dikelola dengan baik. Masukan-masukan Wagubsu akan disampaikan kepada Direktur PTPN IV dan tindaklanjuti,” ucap Wispramono.

Aspek wisata sebagai bentuk promosi menjadi penting, lanjut Wispramono, lantaran produksi pabrik saat ini sudah melayani dan mempercepat penjualan teh dalam bentuk retail.

Ikut hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan, Komisaris PTPN IV Arief Budiono, tokoh masyarakat Simalungun Hasyim.