Berita Sumut Headline Sumut

Lantik 20 Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan, Bupati Sergai Sampaikan 4 Pesan Penting

SERGAI– Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, melantik 20 Jabatan Fungsional Tenaga Kesehatan yang terdiri dari 18 Kepala Unit Pelayan Terpadu (UPT) Puskesmas, 1 orang Dokter Madya dan
1 orang Dokter Gigi Madya, bertempat di Aula Dinas Kesehatan, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (24/9/2021) sore.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekdakab Faisal Hasrimy, Bupati Sergai menyampaikan jika pelantikan yang dilaksanakan hari ini merupakan cara untuk mewujudkan salah satu poin penting dalam SAPDA (Sapta Dambaan) yaitu “Masyarakat sehat dan religius”.

“Hari ini, kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sama seperti tahun sebelumnya. Sudah banyak korban berjatuhan karena virus mematikan ini. Tak jarang korban itu adalah tetangga kita, atasan, teman, bahkan keluarga kita sendiri. Covid-19 masih menjangkiti dunia. Angka kematian terus bertambah”,ujar Bupati.

“Saya tidak akan pernah bosan mengajak saudara sekalian untuk selalu waspada dan mematuhi protokol kesehatan. Jangan terpancing dengan kelompok-kelompok yang berkerumun dan mengutarakan ujaran kebencian. Sebagai hamba yang taat mari kita hargai kerja keras tenaga medis, satuan tugas, dan orang-orang yang selama ini berjuang melawan Covid-19,” ucapnya.

Namun senantiasa, tegas Bupati, agar setiap pihak mengingat bahwa pandemi Covid-19 hanya akan berakhir apabila seluruh pihak tetap tangguh, semangat, dan taat kepada protokol kesehatan. Ia berharap, seluruhnya bisa dan mampu menjaga optimisme untuk keluar dari pandemi ini, selama bekerjasama sebaik mungkin, tidak meremehkan, dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian terkait pelantikan ini, Darma Wijaya menerangkan mutasi dan rotasi ini adalah hal yang biasa dalam suatu organisasi pemerintahan karena merupakan tuntutan organisasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Ia berharap, semoga pelantikan ini dapat lebih memberikan motivasi untuk senantiasa berkiprah dan mengabdikan diri selaku ASN, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawab.

Tak lupa Bupati juga menyampaikan 4 pesan penting kepada seluruh ASN yang dilantik, yaitu pertama mengatasi masalah kesehatan akan lebih mudah bila dilakukan secara bersama, oleh karena itu bekerjasamalah dengan tenaga kesehatan yang lain yang sudah lebih dahulu bertugas di tempat saudara. Kedua, lanjutnya, kesulitan-kesulitan yang akan ditemui di lapangan jangan dijadikan sebagai suatu hambatan, tetapi anggaplah sebagai suatu tantangan yang perlu di atasi.

“Ketiga, hormatilah adanya kearifan dan budaya lokal, berinteraksi dengan petugas/aparat lain dan masyarakat di tempat saudara bertugas. Dan keempat, bekerjalah sesuai dengan kewenangan masing masing profesi, dan memperhatikan standar-standar pelayanan,” pesannya.

Terakhir Bupati mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh Pejabat Fungsional Tenaga Kesehatan baru saja dilantik dan dirinya berharap, seluruhnya betah dan mempunyai kesan yang positif pada daerah yang akan ditempati, dapat memfokuskan tenaga, perhatian dan pikiran pada proses penataan, perbaikan dan produktivitas kinerja sesuai dengan tuntutan tugas pokok dan fungsi.

“Agar pelaksanaan berbagai kegiatan kesehatan di tempat masing-masing, benar-benar dapat berjalan secara optimal dan konsisten. Semoga Allah SWT, senantiasa memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita semua dalam mengemban tugas yang mulia ini,” tutupnya.

Adapun ke-18 Kepala UPT Puskesmas yang dilantik adalah dr. Irene Ratna Marsaulina Sitompul sebagai Kepala UPT Puskesmas Dolok Merawan, dr. Fitri Oktavia Pulungan sebagai Kepala UPT Puskesmas Melati Kecamatan Perbaungan, dr. Hendri Yanto Ginting sebagai Kepala UPT Puskesmas Perbaungan, dr Rosnani sebagai Kepala UPT Puskesmas Bandar Khalipah.

Krisnawati Situmorang, S.Tr.Keb sebagai Kepala UPT Puskesmas Paya Lombang Kecamatan Tebing Tinggi, dr. Mely Christina Damanik sebagai Kepala UPT Puskesmas Pegajahan, dr Novrizal Lubis sebagai Kepala UPT Puskesmas Dolok Masihul, dr Abdul Rahmat sebagai Kepala UPT Puskesmas Pantai Cermin.

Selanjutnya, dr. Srievayuliani Purba sebagai Kepala UPT Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, dr. Ratna Dewi Maslina sebagai Kepala UPT Puskesmas Pangkalan Budiman Kecamatan Sei Rampah, Sutriani Sianturi, SKM sebagai Kepala UPT Puskesmas Tebing Syahbandar.

Sementara itu, Tanti Alarma Siregar,
SKM sebagai Kepala UPT Puskesmas Kuala Bali Kecamatan Serba Jadi, dr Naomi Manalu sebagai Kepala UPT Puskesmas Desa Pon Kecamatan Sei Bamban, dr. Asro Hermanto Hasibuan sebagai Kepala UPT Puskesmas Sei Rampah, drg. Sherlyta Mutia Hutabarat sebagai Kepala UPT Puskesmas Naga Kesiangan Kecamatan Tebing Tinggi, drg. Rina Manurung sebagai Kepala UPT Puskesmas Kotarih, dr. Erna Ningsih sebagai Kepala UPT Puskesmas Bintang Bayu dan drg. Mayang Sari sebagai Kepala UPT Puskesmas Sipispis.

Sedangkan 2 orang lainnya yang
dilantik adalah dr. Evraim Hutagalung, M.Kes sebagai Dokter Madya dan drg. Lidya Triayuni sebagai Dokter Gigi Madya.