Headline Sumut

Minta Bantu Kepulangan , Ratusan Keluarga TKI Demo Kantor Bupati Asahan

Mediasumutku.com | Asahan – Saat ini ribuan orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia  diperkirakan masih terjebak dan  tidak bisa kembali ke kampung halamannya akibat terbatasnya akses keluar masuk negeri Jiran selama Covid19 hingga hari ini. Bahkan banyak diantara mereka yang terancam kelaparan karena tidak lagi bekerja.

Olehkarena itu, ratusan keluarga TKI dari berbagai daerah di Asahan mendatangi kantor Bupati Asahan untuk meminta Pemkab segera turun tangan dan membantu proses kepulangan warganya di Malaysia setelah program pemulangan tahap pertama dilakukan.  Aksi tersebut mayoritas dilakukan oleh dan anak anak demi memperjuangkan keluarga mereka bisa kembali pulang, Senin (10/8/2020).

“Kami meminta kepada Pemkab Asahan untuk menolong keluarga kami di Malaysia yang sekarang tak bisa pulang dan terjebak karena tak lagi bekerja di sana,” kata Indra salah seorang peserta aksi dalam orasinya.

Menurut Indra Pemkab Asahan harus merealisasikan janji usai pendataan yang dilakukan oleh pihaknya sebanyak 2.15 TKI beberapa waktu lalu saat di Malaysia. Sementara pada pemulangan yang dilakukan bulan Juli lalu baru sekitar 210 orang dan ketika itu Pemkab Asahan berjanji akan ada gelombang pemulangan tahap selanjutnya.

“Makanya itu yang kami minta disini. Kalau memang Pemkab Asahan tak sanggup untuk memulangkan saudara kami disana mohon berikan kami selembar surat keterangan agar kami bisa mencari pihak swasta donator yang bisa memulangkan mereka dari sana,” kata Indra.

Dalam aksi tersebut, puluhan masyarakat ini diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar, sebab Bupati sedang berdinas ke luar kota.Hingga berita ini diturunkan masih terjadi dialog antara pendemo dengan  Pemkab Asahan. (MS10)